Masuk

MA MH Troso Adakan Simulasi UNBK Hari ini

Featured MA MH Troso Adakan Simulasi UNBK Hari ini

MAMHTROSO.COM – Sebanyak 191 siswa Kelas XII MA Matholi’ul Huda Troso untuk pertama kalinya mengikuti simulasi UNBK hari ini, Senin (20/2/2017).

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017 untuk SMA/MA akan bergulir pada bulan April mendatang. Persiapan demi persiapan telah dilakukan oleh sekolah-sekolah penyelengara UNBK. Mulai dari persiapan perangkat, kesiapan siswa dalam menghadapi UNBK, dan proses-proses simulasi UNBK guna memastikan aplikasi UNBK dapat berjalan dengan baik.

Di MA Matholi’ul Huda Troso telah dipersiapkan 2 ruangan untuk UNBK ini, yang masing-masing ruangan terdapat 40 unit komputer. Total ada sebanyak 80 komputer yang akan digunakan untuk satu sesi UNBK. Dengan jumlah siswa Kelas XII sebanyak 191 orang siswa, ruang pertama digunakan untuk 3 sesi, dan ruangan kedua digunakan untuk 2 sesi. Sehingga simulasi dimulai pada pukul 08.00 WIB untuk sesi pertama dan selesai pada pukul 14.30 WIB untuk sesi ketiga.

Simulasi kali ini adalah simulasi kedua yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sementara untuk simulasi pertama yang dijadwalkan oleh kemendikbud, dari pihak madrasah belum bisa mengikuti karena masih proses mempersiapkan perangkat UBK, dll. Dan rencananya untuk simulasi ketiga atau gladi bersih akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Maret 2017.

“Simulasi ini tujuannya adalah untuk mengenalkan aplikasi UBK kepada siswa kelas XII atau calon peserta Ujian Nasional. Tentu supaya mereka bisa mengoperasikan dan bisa mengikuti UNBK dengan baik. Simulasi ni sebetulnya adalah simulasi kedua yang diselenggarakan kemendikbud, dan untuk simulasi pertama kemarin kami belum bisa mengikuti, karena masih mempersiapkan perangkat-perangkat untuk UBK ini”, terang Mustain, S.Sos.I. operator UBK di MA Matholi’ul Huda Troso. 

Simulasi kedua ini dijadwalkan hanya dua hari, yaitu Senin untuk mata pelajaran pilihan dan Selasa untuk mata pelajaran Bahasa Inggris. Hari ini untuk siswa dengan jurusan IPA mengerjakan soal Biologi dan untuk siswa dengan jurusan IPS mengerjakan soal Sosiologi. Selasa besok yang rencananya akan mengujikan mapel Bahasa Inggris. Tentu siswa akan diberikan perangkat tambahan berupa headset untuk mendengar soal listening.

Karena ini simulasi yang pertama, banyak siswa yang masih merasa bingung dan gugup untuk mengoperasikan aplikasi UBK ini. Mereka juga beberapa masih salah memasukkan username dan passwordnya. Bahkan ada beberapa siswa dari jurusan IPS yang mengungkapkan bahwa lebih mudah dengan ujian kertas seperti biasa saja, karena mereka belum terbiasa dengan sistem UBK, ditambah takut komputer yang digunakan akan error, atau listrik padam ditengah-tengah ujian. Kekhawatiran ini wajar mengingat ini hari pertama untuk simulasi sistem UBK. Pihak madrasah yakin dengan simulasi hari kedua besok ditambah dengan simulasi ketiga di pertengah Maret nanti siswa lebih siap untuk mengikuti UNBK yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 10 Apri 2017. (Syah)

 

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.