Masuk

Morning Briefing – Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Melaknat Orang Tua adalah Dosa Besar

Featured Morning Briefing – Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Melaknat Orang Tua adalah Dosa Besar

Troso, MAMHTROSO.com - Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Matholi’ul Huda Troso kembali adakan morning briefing, Sabtu (11/3/2017) pagi ini. 

Morning Briefing atau apel pagi ini adalah salah satu agenda yang dilaksanakan secara kondisional. Selain untuk memberikan informasi kepada seluruh civitas akademika MTs. dan MA Matholi’ul Huda Troso, juga digunakan sebagai media oleh Kepala Madrasah untuk memberikan motivasi dan himbauan secara persuasif untuk membangun karakter siswa-siswinya.

Dalam apel pagi pada bagian awal beliau biasanya menyampaikan motivasi tentang kehidupan yang religius, kemudian dilanjutkan dengan informasi tentang kemadrasahan. Fenomena kehidupan remaja khususnya siswa sekarang ini menjadi perhatian yang sangat besar untuk lembaga pendidikan, terutama di MA Matholi’ul Huda Troso. Banyak remaja yang sekarang ini lebih mementingkan kesenangan dan menuruti nafsunya dari pada kehidupan agamis atas landasan iman. “Iman adalah pondasi dari beragama”, ungkap Drs. H. Nur Kholis Syam’un di depan 1300-an siswa.

Selanjutnya Kepala Madrasah menyampaikan kisah Rasulullah dengan para sahabat. Rasulullah bersabda: “Termasuk dosa besar adalah seorang anak melaknat kedua orang tuanya.” Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, Apakah mungkin seorang anak melaknat orang tuanya? Beliau menjawab: “Ya. Dia melaknat bapak orang lain, lalu orang tua tersebut membalas melaknat bapaknya”.

Dari kisah tersebut, kehidupan remaja yang menyimpang saat ini ternyata imbasnya tidak hanya kembali kepada dirinya sendiri, tetapi orang tua, guru, dan madrasah akan terkena imbas dari perilaku menyimpang tersebut. Dan ketika perilaku menyimpang ini menjadi bahan umpatan kepada orang tua, atau seorang anak yang berani melaknat orang tuanya, maka inilah termasuk dosa besar. Melaknat yang dimaksud tidak hanya dilakukan secara langsung, tetapi bisa dilakukan secara tidak langsung dengan melakukan perbuatan-perbuatan menyimpang yang imbasnya bisa menjadikan orang tua sebagai bahan umpatan atau gunjingan.

Selanjutnya beberapa informasi kemadrasahan disampaikan. Pertama, berkaitan dengan Emha Variety Show (EVS) Tahun 2017 yang berlangsung minggu kemarin, Kepala Madrasah memberikan apresiasi kepada semua siswa yang terlibat suksesnya acara tersebut. Akan tetapi masih banyak kendala-kendala yang kedepannya harus dibenahi. Kedepannya siswa yang tidak mau berpartisipasi, tidak mau iuran, dan malah menjadi provokator untuk temannya, maka pihak madrasah akan bertindak tegas supaya semua punya rasa kebersamaan dan solidaritas.

Berkaitan dengan pembangunan Lapangan Olah Raga (LOR) yang diagendakan pada bulan ini rampung, akan tetapi ternyata karena terkendala cuaca, siswa-siswi harus bersabar dan berdoa supaya secepatnya akan selesai dan dapat dinikmati sebagai fasilitas madrasah yang baru.

Pramuka menjadi intrakurikuler di MA Matholi’ul Huda Troso sejak lama 5 tahun lebih. Seiring dengan berjalannya kegiatan ini, teknis kegiatan juga selalu dikembangkan supaya dapat berjalan lebih efektif. Kedepannya kegiatan pramuka difokuskan pada Lomba Keterampilan Penegak (LKP) yang diadakan akhir semester. Ditengah-tengahnya akan diselingi dengan permainan atau outbond untuk mengurangi kejenuhan.

Gladi Bersih Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Ujian Madrasah (UM), Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) untuk kelas XII rencananya akan dilaksakan mulai Senin depan (13/3/2017). Dibarengi dengan Pekan Ulangan Bersama (PUB) ke-1 Semester Genap untuk kelas X dan XI yang akan dilaksanakan mulai Rabu depan (15/3/2017).

Banyaknya agenda madrasah, siswa-siswi diajak berdoa bersama supaya dapat mengikuti semua agenda dengan baik. Selain itu juga berdoa supaya semua pihak, mulai dari siswa, orang tua, guru, dan semuanya diberikan kemudahan oleh Allah SWT dan supaya selalu bergerak atas dasar niat ikhlas kepada-Nya. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Sabtu, 11 Maret 2017 13:54

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.