Masuk

PUB Ke-1 semester Genap 2017 Dibarengi dengan 3 Jenis Ujian Kelas XII

Featured PUB Ke-1 semester Genap 2017 Dibarengi dengan 3 Jenis Ujian Kelas XII

Troso, MAMHTROSO.com – Ada 4 jenis ujian yang diselenggarakan di MA Matholi’ul Huda Troso mulai hari ini, Rabu (15/3/2017). Empat ujian tersebut adalah pekan ulangan bersama (PUB) ke-1 semester genap tahun 2016-2017 untuk siswa-siswi kelas X dan XI. Kemudian Ujian Madrasah (UM), Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) untuk siswa-siswi kelas XII.

Rencananya Pekan Ulangan Bersama dan Ujian Madrasah ini akan dilaksanakan selama 4 hari ke depan. Sementara untuk Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) akan dilaksanakan setelah PUB dan UM selesai.

Pekan Ulangan Bersama atau sering disebut PUB ini diikuti oleh seluruh siswa mulai dari Kelas X dan Kelas XI yang terbagi menjadi 12 ruang. PUB adalah salah satu bentuk sistem evaluasi pembelajaran di MA Matholi’ul Huda Troso yang diadakan dua kali setiap satu semester. Madrasah ini mempertahankan PUB sebagai sistem pengukuran kompetensi kognisi siswa menggantikan sistem ulangan mid semester.

Sama dengan PUB yang telah dilaksanakan pada semester gasal kemarin, setiap hari siswa akan dihadapkan pada 4 mata pelajaran. Soal setiap mata pelajaran berupa soal essay yang berjumlah 5–15 buah soal menyesuaikan alokasi waktu yang telah ditentukan oleh panitia yaitu selama 40-45 menit. Sebelum diselenggarakannya PUB, semua guru mapel memberikan bank soal kepada siswa setelah proses belajar mengajar. Sehingga siswa lebih terarah dan siap untuk mengerjakan soal-soal dalam Pekan Ulangan Bersama ini.

Mata pelajaran yang diujikan dalam PUB ada sebanyak 16 mata pelajaran untuk masing-masing tingkatan kelas. Untuk Kelas X, 16 mapel tersebut adalah mapel Pendidikan agama Islam (Qur’an Hadits, Aqidah Akhlak, SKI, Qur’an Hadits dan Bahasa Arab), mapel Umum (Bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan Matematika), mapel ilmu sosial (Sejarah, Sosiologi, Ekonomi), mapel ilmu pengetahuan alam (Biologi, Kimia, dan Fisika). Sementara untuk Kelas XI yang terbagi menjadi 2 program IPA dan IPS mendapat 3 tambahan mapel, yaitu Penjaskes, TIK, dan Keteampilan Grafis.

Sementara Ujian Madrasah (UM) yang dilakoni oleh kelas XII mengujikan 7 mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Penjasorkes, Bahasa Inggris, TIK, Bahasa Jawa, Matematika, dan Seni Budaya. Dilanjutkan mulai hari Senin depan (20/3/2017), Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) mengujikan 5 mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI), diantaranya adalah Qur’an Hadits, Fikih, Bahasa Arab, Akidag Akhlak, dan SKI. Dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang tergolong jenis ujian baru pada tahun ini untuk siswa-siswi kelas XII mengujikan 5 mata pelajaran sesuai dengan jurusannya. (Syah)  

Terakhir diperbarui pada Kamis, 16 Maret 2017 07:51

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.