Masuk

Salah Satu Kriteria Kelulusan Akademis, MA MH Troso Gelar UAMBN dan USBN Tahun 2017

Featured Salah Satu Kriteria Kelulusan Akademis, MA MH Troso Gelar UAMBN dan USBN Tahun 2017

Troso, MAMHTROSO.com – Usai gelar Ujian Madrasah (UM ) kemarin, hari ini MA Matholi’ul Huda Troso melanjutkan gelar Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Senin (20/3/2017). Rencananya 2 jenis ujian akhir ini akan berlangsung selama 5 hari sampai Jum’at (24/3/2017).

UAMBN dan USBN ini diikuti oleh seluruh siswa kelas XII yang berjumlah 191 orang siswa, 97 orang siswa dari program IPA dan 94 orang siswa dari program IPS. Seluruh peserta terbagi menjadi 10 ruang, masing-masing ruang berisi rata-rata 20 peserta.

Pengawas pada ujian ini menggunakan sistem pengawas silang dengan madrasah-madrasah lain. Di MA Matholi’ul Huda Troso tercatat menerima 20 pengawas dari 9 madrasah. 2 guru pengawas dari MAN Bawu Jepara, 2 dari MA Darul Hikmah Menganti, 2 dari MA Al Alawiyah Karangrandu, 2 dari MA Tasymirusy Syubban Karang Aji, 2 dari MA Miftahul Huda Dongos, 2 dari MA Al Falah Margoyoso, 2 dari MA Nurul Islam Kriyan, dan 4 dari MA Sultan Hadlirin Mantingan.

Dua jenis ujian akhir ini mengujikan mata pelajaran yang berbeda. Untuk Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) mengujikan mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI), diantaranya adalah Qur’an Hadits, Fikih, Akidah Akhlak, SKI, dan Bahasa Arab. Sementara untuk Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) mengujikan mata pelajaran sesuai dengan jurusan. Untuk jurusan IPA ada sebanyak 5 mata pelajaran yang diujikan, yaitu Biologi, Sejarah, Kimia, Fisika, dan PKn. Jurusan IPS juga ada sebanyak 5 mata pelajaran yang diujikan, yaitu Geografi, Sejarah, PKn, Sosiologi, dan Ekonomi.

Bagi siswa kelas XII, mengikuti UAMBN dan USBN ini merupakan salah satu syarat mencapai kelulusan di MA Matholi’ul Huda Troso. Pasalnya Kelulusan Akademis siswa kelas XII ditentukan oleh 4 jenis nilai. Pertama, nilai rata-rata raport semester 3-5 yang berbobot 70 %,  kemudian yang kedua Nilai Ujian Madrasah (UM), ketiga Nilai Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), dan terakhir Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN), yang ketiga ujian ini berbobot 30 %. Selain kriteria kelulusan akademis MA Matholi’ul Huda Troso juga mempertimbangkan kelulusan siswa dari nilai sikapnya. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Senin, 20 Maret 2017 10:53

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.