Masuk

Morning Briefing – Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Shodiquka Man Abkaka La Man Adlhakaka

Featured Morning Briefing – Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Shodiquka Man Abkaka La Man Adlhakaka

Troso, MAMHTROSO.com – Pagi ini MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso adakan Morning Briefing, Ahad (9/4/2017).

Morning Briefing atau apel pagi ini adalah salah satu agenda madrasah yang digunakan oleh Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso, Drs. H. Nur Kholis Syam’un untuk memberikan wejangan atau ceramah motivasi dan informasi kepada siswa-siswinya. Kegiatan ini diikuti seluruh civitas akademika MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso. Yaitu ada sebanyak 1300-an orang siswa dan 50-an orang guru berkumpul di halaman madrasah.

Diawal pidatonya, Drs. H. Nur Kholis Syam’un menyampaikan kata-kata Mutiara dengan Bahasa Arab, “Shodiquka Man Abkaka La Man Adlhakaka” artinya sahabatmu itu adalah orang yang membuatmu menangis bukan orang yang membuatmu tertawa. Yang disebut sahabat adalah orang yang selalu mengingatkan ketika temannya melakukan perbuatan-perbuatan yang menyimpang, sahabat bukan orang yang hanya mengajak senang-senang, tetapi sahabat adalah orang yang selalu membimbing dan bersama-sama membawa teman menuju ke surga.

Beberapa cerita faktual dari lingkungan sekitar disampaikan oleh Kepala Madrasah tentang begitu hancurnya seseorang ketika sesorang salah memilih teman. Tentu ini tujuannya agar seluruh siswa dapat mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa tersebut. “Sekali salah memilih kawan, maka akan hancur”, ungkap beliau.

Kedua, Kepala madrasah juga menyinggung tentang kedisiplinan siswa. Baik berkaitan dengan motor siswa yang tidak standar, ukuran ban yang kecil, dan suara knalpot yang bising. Kemudian siswa terlambat juga tak luput jadi sorotan terkait dengan kedisiplinan ini. Pasalnya siswa yang terlambat adalah rata-rata siswa yang sama setiap harinya. “terlambat itu dosa, dan siswa yang tidak terlambat mendapat pahala. Jangan kamu kira ini hanya sebatas etika, tetapi ini berkaitan juga dengan keberkahan dan kemanfaatan ilmumu”, tegasnya.

Semua pelanggaran ini adalah larangan yang sudah tercatat dalam tata tertib. Maka siswa diminta untuk mematuhi tata tertib tersebut. Karena saking sayangnya guru kepada murid maka tata tertib ini dibuat untuk membiasakan diri siswa supaya menjadi kualitas pribadi yang lebih baik.

Selanjutnya informasi tentang pelaksanaan UM, UAMBN, dan USBN untuk siswa kelas IX MTs. Matholi’ul Huda Troso. Dan pelaksanaan UNBK untuk siswa kelas XII MA Matholi’ul Huda Troso. Mulai besok siswa kelas VII dan VIII tetap masuk sepeti biasa, tetapi untuk siswa kelas X dan XI akan diliburkan selama pelaksanaan UNBK, yaitu selama 4 hari terhitung mulai besok Senin (10/4/2017) sampai Kamis (13/4/2017).

Terakhir kepala madrasah mengajak seluruh civitas akademika MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso untuk berdoa bersama dengan membaca surat Al fatihah, semoga pelaksanaan UM, UAMBN, USBN dan pelaksanaan UNBK berjalan dengan lancar, siswa yang mengikuti ujian juga diberikan kemudahan, ilmu yang bermanfaat dan menjadi orang sukses. Para orang tua murid dan guru juga ikut didoakan bersama agar segala urusannya dimudahkan oleh Allah SWT. Serta dilimpahkan rizki yang berkah untuk kemajuan bersama. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Senin, 10 April 2017 14:07

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.