Masuk

Pramuka MA MH Troso Selenggarakan Ujian SKK untuk Pasus Bana Satwika

Featured Pramuka MA MH Troso Selenggarakan Ujian SKK untuk Pasus Bana Satwika

MAMHTROSO.com, Troso – Dewan Ambalan Setia Budi dan Fatmawati Gugus Depan 09.115 – 09.116 MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara selenggarakan Ujian Syarat Kecakapan Khusus (SKK) sekaligus pengambilan Tanda Kecakapan Khusus (TKK) hari ini, Senin (24/4/2017).

Galeri Kegiatannya - klik di sini

Kegiatan yang dimulai pada pukul 06.00 WIB ini diadakan di lingkungan madrasah. Dilanjutkan berjalan di sekitar Desa Troso ke Dukuh Kedawung hingga Dukuh Mbelik, dan transit sampai di Desa Ngeling. Selesai upacara penutupan hingga sore hari pada pukul 16.00 WIB di halaman madrasah.

Diikuti oleh 60-an anggota passus Bhana Satwika bentukan Ambalan Setia Budi dan Fatmawati. Terbagi menjadi 5 sangga putri dan 3 sangga putra. Seluruhnya berasal dari Kelas XI. Passus Bhana Satwika ini memang disiapkan sebagai calon-calon dewan ambalan di masa bhakti yang akan datang.

Ada beberapa jenis kegiatan yang diikuti oleh seluruh peserta Ujian SKK dan Pengambilan TKK ini. Diantaranya adalah berkebun, mendirikan tenda, memasak, dan juga pengambilan bedge TKK yang dilaksanakan di makam-makan sekitar Desa Troso. Setiap sangga sebelum masuk ke makam untuk mengambil TKK harus menyelesaikan amalan Tahlil dan Yasinan.

Dari sekian banyak kegiatan, memasak mungkin menjadi salah satu kegiatan yang paling menarik. Karena setiap sangga harus memasak nasi, lauk, dan sambal sendiri dari bahan mentah dengan menggunakan kompor alternatif berbahan bakar spiritus. Proses masak yang dilaksanakan hampir 1 jam dengan sekejab habis dilahap bersama-sama oleh seluruh anggota sangga.  

Sebelum proses pengambilan TKK ini seluruh peserta sudah mengikuti ujian SKK yang diadakan oleh Dewan Ambalan pada minggu latihan setelah pulang sekolah. Dan rencananya nanti akan dilanjutkan secara rutin untuk membekali baik materi dan mental dari masing-masing anggota. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Selasa, 25 April 2017 08:43

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.