Masuk

Morning Briefing – Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Di Sini Bukan Proyek atau Industri Pendidikan, Tetapi Lembaga Pendidikan.

Featured Morning Briefing – Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Di Sini Bukan Proyek atau Industri Pendidikan, Tetapi Lembaga Pendidikan.

Troso, MAMHTROSO.com – Pagi ini Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Troso adakan Morning Briefing, Kamis (8/6/2017).

Morning Briefing adalah salah satu bentuk media komunikasi yang dilakukan oleh Kepala Madrasah langsung kepada seluruh siswa dan dewan guru. Kegiatan yang dilaksanakan pada pagi hari sebelum siswa masuk kelas ini biasanya berdurasi antara 30 menit sampai 1 jam bertempat di halaman madrasah. Disini kepala madrasah menyampaikan motivasi-motivasi khasanah kehidupan dan juga menyampaikan informasi-informasi kemadrasahan.

Diawal sesi Briefing Morning kali ini Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso mengajak seluruh siswa untuk berdoa bersama, “Ya Allah, jadikanlah madrasah kami sugih, kaya, sugih, kaya, kaya perjuangannya, kaya amalnya, kaya baktinya”. Doa ini dipanjatkan karena memang niat awal dari berdirinya MA Matholi’ul Huda Troso adalah sebagai lembaga pendidikan, tempat untuk mendidik umat, bukan untuk proyek atau industri pendidikan yang selalu menghitung untung rugi dalam menyelenggarakan pendidikan.  

“Banyak madrasah atau sekolah sekarang yang menggunakan cara persaingan tidak sehat. Dengan menyebarkan brosur, iklan di koran, di radio semua biaya digratiskan, dapat seragam 3 setel, bahkan ada yang daftar dapat android, jika kalian sekolah niatnya seperti ini, maka kalian mendoakan diri kalian sebagai orang mlarat”, ungkap beliau.

Kepala madrasah mengingatkan bahwa setiap siswa yang menuntut ilmu memang semestinya membutuhkan pengorbanan, yaitu tenaga, waktu, dan biaya. Di MA Matholi’ul Huda Troso ini tidak kemudian menggratiskan semua biaya, tetapi biayanya sangat terjangkau. Meskipun begitu bagi siswa yang memang betul-betul tidak mampu, pihak madrasah juga akan dengan suka rela membantunya.

Agenda pasca ulangan kenaikan kelas (UKK) adalah class meeting dan penyaluran zakat fitrah. Seluruh siswa dihimbau untuk menyalurkan zakat fitrahnya melalui panitia yang dibentuk OSIS, bisa dalam bentuk beras sebanyak 2,5 kg atau dalam bentuk uang dengan nominal Rp 25.000,-. Selain itu untuk persiapan tahun pelajaran baru siswa diwajibnya membayar uang daftar ulang sebelum libur hari raya. Kalaupun tidak semua dibayarkan, madrasah memberikan kelonggaran untuk menyicil setengahnya sebelum liburan. Penyaluran zakat fitrah dan pembayaran uang daftar ulang ini akan menjadi pertimbangan hari libur hari raya.

Terakhir untuk siswa kelas IX MTs. Matholi’ul Huda Troso agar tidak memfitnah madrasah terkait dengan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) atau Ijazah. SKHUN dan Ijazah akan segera dibagikan ketika blanko sudah diberikan oleh Dinas Pendidikan. Meskipun siswa kelas IX dihimbau untuk melanjutkan ke MA Matholi’ul Huda Troso, tetapi bagi siswa yang ingin melanjutkan ke luar madrasah dipersilahkan untuk berpamitan dengan baik-baik dan meminta SKHUN sementara dari madrasah. (Syah)

 

 

Terakhir diperbarui pada Kamis, 08 Juni 2017 11:19

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.