Masuk

MA - MTs. Matholi’ul Huda Troso Adakan Sujud Syukur, Sholat Dhuha, dan Halal Bi Halal di Setiap Awal Tahun Pelajaran

Featured MA - MTs. Matholi’ul Huda Troso Adakan Sujud Syukur, Sholat Dhuha, dan Halal Bi Halal di Setiap Awal Tahun Pelajaran

Troso, MAMHTROSO.com – Jaga tradisi baik di awal tahun pelajaran, pagi ini MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso adakan sholat dhuha dan sujud syukur bersama, Selasa (18/7/2017).

Galeri kegiatan Sujud Syukur - klik disini

Geleri kegiatan Halal bi Halal - klik disini

Acara ini dimulai pada pukul 07.00 WIB diikuti oleh seluruh civitas akademika MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso sedikitnya 1.300-an orang siswa dan guru berlangsung di halaman madrasah. Para jamaah memadati halaman madrasah hingga meluber ke teras depan kelas di 3 lantai gedung madrasah. Semuanya berpakaian serba putih dengan beralaskan sajadah yang sudah mereka bawa dari rumah.

Seperti pada pelaksanaan tahun sebelumnya, acara ini diawali dengan sholat dhuha secara berjamaah. H. Musthofa Kamal yang bertindak sebagai imam, memimpin sholat ini sebanyak 4 rakaat, dengan 2 kali salam. Doa sholat dhuha dipimpin oleh KH. Ali Ahsan. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sujud syukur dengan imam yang sama.

Usai sholat dhuha dan sujud syukur H. Musthofa Kamal memimpin tahlil untuk dihadiahkan kepada perintis terbentuknya Yayasan Pendidikan Islam Matholi’ul Huda Troso, terutama untuk KH. Abdul Jalil Al Hafidz (alm) sebagai tokoh pendirinya. KH. Ali Ahsan sekali lagi memimpin doa untuk tahlil bersama ini.

Dilanjutkan tausiyah dari sesepuh yayasan Moh. Syakur, beliau menyampaikan bahwa YPI Matholi’ul Huda Troso yang memiliki lembaga pendidikan mulai dari PAUD (KB dan RA), MI, MTs. sampai MA tentu tujuannya adalah untuk membekali siswa-siswinya dengan akhlakul karimah, kaidah-kaidah agama yang benar, dan membiasakan untuk menjadi siswa yang religius. Karena di YPI Matholi’ul Huda Troso sudah terbiasa mengadakan istighotsah, tahlil, sholat dhuha, sujud syukur, dll. untuk membangun mental siswa karena seperti inilah pendidikan yang baik. Selain itu juga beliau memberikan apresiasi kepada kepala madrasah yang sudah bekerja keras untuk mengawasi siswa baik di lingkungan madrasah bahkan di luar lingkungan madrasah.

H. Sunarto, Ketua Yayasan Pendidikan Islam Matholi’ul Huda Troso juga menyampaikan sambutan kepada seluruh siswa. Beliau sangat bersyukur atas perkembangan yang dicapai YPI Matholi’ul Huda Troso. Karena semakin tahun jumlah siswa yang ada di YPI Matholi’ul Huda Troso semakin bertambah. Bahkan beliau mengutip salah satu ayat Al Qur’an surat Ibrahim ayat 7 :

لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ

Artinya : Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah nikmat kepadamu, dan jika kamu mengingkari nikmat-Ku, maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih. (QS. Ibrahim : 7).

Terakhir siswa mengikuti agenda terakhir yaitu halal bi halal. Seluruh guru dan jajaran pengurus yayasan berbaris di bagian depan lapangan. Kemudian dengan diiringi lantunan sholawat Ya Robbi bil Musthofa oleh Ismail, S.Pd.I seluruh siswa-siswi berjalan berurutan bermushafahah atau bersalam-salaman mulai dari jajaran pengurus yayasan, dewan guru, dilanjutkan seluruh temannya. Untuk siswa putra bermushafahah dengan siswa putra, begitupun siswa putri bermushafahah dengan siswa putri.

Agenda seperti ini sudah ada sejak lama di MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso. Setiap awal tahun pelajaran siswa selalu diajak untuk mengikuti kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) yang memiliki nilai-nilai positif. Kegiatan yang menambah wawasan, pengenalan madrasah, dan tentu kegiatan yang menambah mental religius siswa. Kegiatan-kegaitan seperti diadakan agar siswa nantinya akan lebih siap untuk mengikuti proses belajar mengajar (PBM) selama satu tahun kedepan. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Selasa, 18 Juli 2017 10:20

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.