Masuk

Morning Briefing – Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Biasakan Gerak Cepat

Featured Morning Briefing – Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Biasakan Gerak Cepat

Troso, MAMHTROSO.com – Setelah kemarin melaksanakan sesi kemadrasahan pagi ini MA Matholi’ul Huda Troso adakan morning briefing, Kamis (27/7/2017).

Morning Briefing adalah apel pagi atau berkumpulnya seluruh siswa dan guru di halaman madrasah sebelum memasuki ruang kelas untuk mendapatkan informasi atau motivasi dari Kepala Madrasah. Waktu pelaksanaan Morning Briefing ini bersifat kondisional. Tergantung pada dinamika madrasah yang harus dipersiapkan dan dijalankan agar semuanya berlangsung dengan baik dan efektif.

“Mulai sekarang semuanya harus bergerak cepat, tidak ada siswa yang ketika bel masih yang duduk-duduk di teras”, tegas Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso, di halaman madrasah pagi tadi.

Karena orang Indonesia yang terkenal dengan budaya lamban, maka beliau menegaskan agar siswa-siswi bergerak lebih cepat dan lebih disiplin. Menurutnya seseorang yang terbiasa dengan cara berjalan lamban biasanya dalam hal apapun juga akan bergerak dengan lamban dan lelet. Dengan merubah diri bergerak lebih cepat harapannya siswa-siswi bisa berfikir dinamis, tidak gemblah-gembleh, dan cekatan dalam hal segala hal.

Kemudian yang kedua, Kepala Madrasah menyampaikan bahwa mulai tahun ini siswa-siswi MA Matholi’ul Huda Troso harus hafal Al qur’an Surat Yasin, Surat Ar Rahman, Surat Al Waqi’ah, dan Surat Al Mulk. Selain itu juga pandai membaca Al Barjanzi, pandai memimpin tahlil, istighotsah, sholat berjama’ah dan wiridan. Sistem hafalan ini tidak serta merta langsung dihafalkan semuanya. Tetapi bertahap agar tidak memberatkan siswa, dan setiap semester akan ada penilaiannya. Untuk menunjang hal tersebut siswa-siswi yang tidak memiliki Kutaib agar segera membelinya. Kutaib ini sendiri berisi amalan-amalan dan Surat-surat Al qur’an yang secara rutin dipraktikkan di madrasah.

Terakhir Kepala Madrasah memberikan informasi secara lisan kepada siswa-siswi berkaitan dengan alokasi dari uang daftar ulang. Biaya daftar ulang siswa sebesar Rp 200.000,- ini dialokasikan untuk biaya SPP selama 2 bulan sebesar Rp 40.000,- x 2 bulan sehingga total Rp 80.000,-. Kemudian untuk biaya Lembar Kerja Siswa (LKS) sebesar Rp 60.000,-. Subsidi kelas untuk membeli alat kebersihan dan lomba kelas sebesar Rp 20.000,-. Untuk hadiah lomba kelas Rp 20.000,-. Sisa Rp 20.000,- untuk menyicil biaya komputer, OSIS, atau Pramuka. Selanjutnya nanti surat resmi akan diedarkan kepada wali murid masing-masing. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Kamis, 27 Juli 2017 12:57

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.