Masuk

Gladi Tangguh Dewan Ambalan Setia Budi Fatmawati Tahun 2017 – Tangguhkan Mental, Menambah Wawasan dan Keterampilan

Featured Gladi Tangguh Dewan Ambalan Setia Budi Fatmawati Tahun 2017 – Tangguhkan Mental, Menambah Wawasan dan Keterampilan

Troso, MAMHTROSO.com – Gugus Depan 09.115 – 09.116 Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso selenggarakan Gladi Tangguh untuk Dewan Ambalan Setia Budi dan Fatmawati Masa Bhakti 2017-2018, Jum’at (28/7/2017) kemarin.

Lihat galeri kegiatannya - klik disini

Acara ini dilaksanakan di Kampus MA Matholi’ul Huda Troso mulai pukul 06.00 WIB sampai pukul 15.30 WIB. Diikuti oleh seluruh pengurus Dewan Ambalan baik putra maupun putri yaitu sebanyak 66 orang anggota. Yang kesemuanya adalah siswa-siswi kelas XII yang terpilih menjadi Dewan Ambalan Setia Budi dan Fatmawati.

Kegiatan Gladi Tangguh Dewan Ambalan ini memang setiap awal tahun selalu diadakan untuk mempersiapkan mental, menambah keterampilan dan wawasan para Dewan Ambalan tentang materi pramuka dan managemen kelompok. Karena di MA Matholi’ul Huda Troso kegiatan pramuka dijadikan kegiatan intrakurikuler setiap hari Selasa siang dan Dewan Ambalan bertanggung jawab untuk menjadi fasilitator dengan didampingi oleh guru di masing-masing kelompok.  

Mulai pukul 06.00 pagi seluruh peserta datang, dan langsung mengisi presensi kehadiran dilanjutkan ceking perlengkapan. Beberapa sesi materi dilaksanakan untuk menambah wawasan dan pengetahuan peserta. Diantaranya adalah materi Sejarah Ambalan Setia Budi – Fatmawati dan Arti Logo Ambalan, materi dan praktik baris-berbaris sesi upacara pengibaran bendera, dan dilanjutkan sesi screening untuk mengetahui kedalaman pengetahuan dan keterampilan berkomunikasi para peserta gladi tangguh.

Usai sholat jum’at dan makan siang seluruh peserta mengikuti sesi berikutnya yaitu teori dan praktik tata cara dinamika kelompok (dimpok) sampai pukul 15.00 WIB. Terakhir diadakan apel sore hingga pukul 15.30 WIB dan seluruh peserta membubarkan diri.

Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan dua kali, yang pertama Jum’at kemarin dan dilanjutkan pada hari Jum’at berikutnya. Akan tetapi pada Hari Jum’at yang akan datang seluruh Dewan Ambalan yang sebagai peserta Gladi Tangguh hanya mempraktikkan teori-teori yang sudah didapatkan pada Hari Jum’at kemarin.

Selain kegiatan Gladi Tangguh yang rutin dilaksanakan tiap tahun pada awal masa bhakti para Dewan Ambalan, Gugus Depan juga selalu mengadakan pertemuan rutin tiap Hari Senin usai sekolah mempersiapkan materi dan sarana prasarana yang dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan intrakurikuler pramuka pada esok harinya. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Minggu, 30 Juli 2017 07:19

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.