Masuk

Upacara Pengibaran Bendera – Noor Ubaidillah, S.Pd.I. : Kembangkan Potensi melalui Pendidikan di MH Troso

Featured Upacara Pengibaran Bendera – Noor Ubaidillah, S.Pd.I. : Kembangkan Potensi melalui Pendidikan di MH Troso

Troso, MAMHTROSO.com – MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso selenggarakan upacara pengibaran bendera Merah Putih untuk pertama kalinya di Tahun Pelajaran 2017-2018 kemarin, Sabtu (5/8/2017). Upacara ini dilaksanakan tepat pada pukul 07.00 WIB di halaman madrasah. Setidak-tidaknya ada sekitar 1.300-an peserta upacara mulai dari seluruh siswa MTs. dan MA Matholi’ul Huda Troso serta dewan guru.

Pengibaran bendera Merah Putih diadakan setiap hari Sabtu untuk mengawali proses belajar mengajar selama satu minggu ke depannya. Dengan diadakannya upacara pengibaran bendera Merah Putih ini selain untuk menjaga tradisi baik untuk menumbuhkan sikap patriotism atau rasa cinta tanah air juga melatih kedisiplinan dan juga mental siswa. Karena seluruh siswa harus berbaris rapi, tertib, dan mengikuti jalannya upacara dari awal sampai akhir dengan khidmat.

Noor Ubaidillah, S.Pd.I. Kepala Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Troso yang bertindak sebagai Pembina upacara menyampaikan amanatnya kepada seluruh peserta upacara tentang sejatinya pendidikan di Matholi’ul Huda Troso.

Berkaitan dengan banyaknya agenda-agenda dan kegiatan ritual di MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso adalah sebagai salah satu bentuk pendidikan yang tepat untuk di semua sisi kehidupan. Karena pendidikan di Indonesia yang dibutuhkan saat ini adalah pendidikan karakter, maka menempuh pembelajaran di  madrasah adalah jalan yang selaras dengan pembentukan karakter itu. Karena di madrasah selain mendapatkan mata pelajaran umum, juga mendapatkan mata pelajaran agama.

Selain itu juga banyak sekali kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh  madrasah untuk menumbuh-kembangkan potensi, bakat dan talenta yang dimiliki siswa. Baik dalam hal keilmuan, keterampilan, keolah-ragaan, dll.

“Dulu zamane kanjeng nabi pernah memerintahkan para sahabat untuk mengembangkan kemampuan memanah dan berkuda, berarti sebenarnya setiap manusia itu punya potensi masing-masing. Tinggal kalian sebagai manusia punya keinginan untuk mengembangkannya atau tidak”, ujar Noor Ubaidillah.

Beliau juga menyampaikan bahwa di MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso selalu berupaya memberikan fasilitas apapun kepada siswa-siswinya yang memiliki kemampuan keras untuk mengembangkan potensinya. Bahkan pihak madrasah selalu berupaya untuk merangsang siswa-siswinya agar dapat menyalurkan potensinya dengan mengadakan kegiatan-kegiatan. Akan tetapi banyak siswa yang masih belum paham akan arti dari kegiatan-kegiatan ini. Sehingga masih ada siswa yang belum aktif untuk mengikuti apalagi mengembangkan potensi dirinya sendiri. Maka beliau mengingatkan bahwa siswa yang bersikap seperti ini nantinya mereka akan rugi. Karena tidak banyak lembaga pendidikan yang menyediakan fasilitas apapun kepada siswa-siswinya untuk mengebangkan potensi diri. (Syah)  

Terakhir diperbarui pada Kamis, 10 Agustus 2017 08:03

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.