Logo
Cetak halaman ini

Upacara Pengibaran Bendera – Agus Siswanto, S.Ag. : Tingkatkan kedisiplinan dan Jaga Kebersihan

Featured Upacara Pengibaran Bendera – Agus Siswanto, S.Ag. : Tingkatkan kedisiplinan dan Jaga Kebersihan

Troso, MAMHTROSO.com – Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara laksanakan rutinitasnya setiap Sabtu pagi, yaitu Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih, Sabtu (26/8/2017) pagi ini.

Diikuti oleh setidaknya lebih dari 1.300 peserta upacara yang terdiri dari siswa MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso ditambah para Dewan Guru. Upacara pengibaran bendera ini bertujuan untuk melatih kedisiplinan siswa serta memupuk rasa cinta tanah air dan bangsa ataupun menumbuhkan semangat jiwa nasionalisme. Dengan sikap upacara bendera dengan berdiri dan menghormat kepada bendera sang saka merah putih dengan diiringi lagu Indonesia Raya. Di sanalah terlihat bahwa bangsa Indonesia yang telah merdeka dan berdaulat.

Upacara bendera juga mengajarkan pada seluruh siswa untuk senantiasa mengenang jasa para pahlawan, mendoakannya, dan menyanyikan lagu-lagu nasional yang membuat peserta didik tahu sejarah bangsa Indonesia dan menanamkan jiwa patriotisme di kalangan siswa.

Agus Siswanto, S.Ag., salah satu guru sejarah atau Wakil Ketua Urusan Kesiswaan di MTs. Matholi’ul Huda Troso ini bertindak sebagai Pembina upacara. Beliau menyampaikan tentang pentingnya siswa MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara untuk meningkatkan Kedisplinan dan menjaga kebersihan lingkungan madrasah.

“Tingkatkan kedisiplinan kalian, jangan sampai pada saat upacara saja, masih banyak yang berdirinya tidak tegap, masih ada siswa yang ngomong sendiri”, ungkapnya.

Beliau juga memperingatkan bahwa masih ada beberapa siswa yang tidak disiplin, selalu terlambat ketika pagi masuk kelas dan ketika masuk setelah istrirahat. Hal-hal seperti ini harus diubah, tidak boleh dibiarkan. Karena kedisiplinan merupakan modal utama dalam meraih kesuksesan cita-cita.

Yang kedua tentang etika menjaga kebersihan. Beliau mengingatkan betul supaya siswa-siswi memperhatikan lingkungan madrasah agar tetap bersih. Siswa-siswi yang mungkin masih terbiasa membuang sampah di sembarang tempat, agar mengubah kebiasaan jelek tersebut. Supaya nantinya akan tercipta lingkungan pendidikan yang bersih dan nyaman. (Syah)

Hakcipta © 2015 MA Matholi'ul Huda Troso.