Masuk

Briefing Pagi dan Pengumuman Lomba Dekorasi 5K antar Kelas Tahun 2017 – Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Ojo Ngremehno Duso

Featured Briefing Pagi dan Pengumuman Lomba Dekorasi 5K antar Kelas Tahun 2017 – Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Ojo Ngremehno Duso

Troso, MAMHTROSO.com – Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso yang biasanya mengadakan upacara pengibaran bendera Merah Putih setiap Sabtu pagi, namun kali ini upacara tersebut diganti dengan apel pagi atau sering disebut Morning Briefing.

Hal ini disebabkan karena akan diumumkannya hasil dari Lomba Dekorasi dan 5K antar kelas yang diadakan di MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso. Pengumuman ini tentu sudah sangat ditunggu-tunggu seluruh siswa. Setelah kurang lebih satu bulan setiap kelas berlomba-lomba menghias dan melukis kelasnya seindah-indahnya sesuai dengan tema dan kreasinya masing.

Sebelum diumumkannya hasil lomba, seperti biasa pada Briefing Morning Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso memberikan ceramah motivasi dan bekal kehidupan yang fundamental untuk siswa-siswinya.

Pertama, “Ojo Ngremehno Duso”, ungkap Drs. H. Nur Kholis Syam’un di halaman MTs. Matholi’ul Huda Troso, Sabtu (16/9/2017) pagi tadi.

Ojo ngremehno Duso adalah ungkapan Bahasa Jawa yang artinya Jangan Meremehkan Perbuatan Dosa. Beliau memeringatkan betul kepada siswa-siswinya agar tidak mudah melakukan perbuatan-perbuatan negatif. Seperti halnya cara pergaulan dengan lawan jenis yang berlebihan, tidur di dalam kelas ketika guru sedang mengajar, selalu menentang orang tua, ketika Pekan Ulangan Bersama (PUB) masih menyontek, selfi mesrah dengan pacarnya, sampai dengan minum minuman keras, dll. Itu adalah sebagian contoh perbuatan-perbuatan dosa yang sekarang menjadi hal biasa dilakukan di kalangan remaja saat ini. Untuk itu siswa-siswi diajak agar lebih dekat dengan Allah, lebih takut dengan dosa. Harapannya siswa-siswi di MA dan MTs. Matholi’ul Huda agar dapat menjadi generasi Rabbani.

Kedua, Berkaitan dengan Pekan Ulangan Bersama (PUB). Para guru selalu mengevaluasi jalannya PUB ini mulai awal pertama kali diadakan. Berbagai macam teknis telah dipraktikkan agar PUB dapat berjalan dengan baik dan efektif. Karena selain PUB sebagai pengganti dari Ulangan Tengah Semester, dengan PUB juga sebagai nyawa dari nilai-nilai siswa. Untuk itu guru yang sudah memberikan bank soal, agar benar-benar dipelajari, dihafalkan, dan dipahami supaya siswa dapat mendapatkan manfaat dari ilmu yang dipelajarinya.

Ketiga, mulai minggu depan agar siswa benar-benar sudah tertib berpakaian dan menjaga kebersihan. Mulai dari seragam, atribut, sepatu, dll. harus sesuai dengan tata tertib. Karena siswa sudah diberi waktu lebih dari 2 bulan untuk melengkapi pakaian dan atributnya. Selain itu Kepala Madrasah menegaskan agar siswa lebih peduli dengan lingkungan. Siswa akan dihukum ketika membuang sampah sembarangan. Hal ini karena sering kali saluran air tersumbat karena sampah yang dibungan tidak pada tempatnya. Semua yang ditulis dalam tata tertib tidak untuk mengekang, akan tetapi tujuannya agar siswa-siswi menjadi manusia yang mulia. “Bukalah hatimu untuk menjadi manusia mulia”, tandasnya.

Keempat, Lomba Dekorasi dan 5 K dari tahun ke tahun selalu mengalami perkembangan. Yang semula menggunakan Styrofoam akan tetapi bahan yang mudah rusak, kali ini sudah banya yang menggunakan cat, dan hasilnya juga luar biasa indahnya. Termasuk keadaan meja dan kursi yang pada lomba kali ini coret-coretan hilang dan terlihat bersih, hal ini karena seluruh kelas mengecat ulang meja kursinya. Setelah ini tidak diperbolehkan siswa-siswi mencorat-coret meja sembarangan. Bagi siswa yang tertangkap melanggar akan diminta untuk mengecat ulang meja kursinya dengan membeli cat sendiri.

Tiba saat pengumuman hasil Lomba Dekorasi dan 5K. Dra. Wafiroh membacakan urutan juara mulai dari yang paling buncit kelas dengan peringkat terbawah sampai yang terakhir kelas juara pertama. Sebagai peringkat ke-18 Kelas XI IPS-3, peringkat ke-17 Kelas X IIS-3, peringkat ke-16 Kelas XI IIS-2, peringkat ke-15 Kelas XI IPS-1, peringkat ke-14 Kelas X IIS-1, peringkat ke-13 Kelas XI IPS-2, peringkat ke-12 Kelas X MIA-3, peringkat ke-11 Kelas XII IPS-3, peringkat ke-10 Kelas X MIA-1, peringkat ke-9 Kelas XII IPS-1, pringkat ke-8 Kelas XII IPS-2, dan peringkat ke-7 Kelas X MIA-2.

Sementara untuk Harapan 3 diraih oleh Kelas XI IPA-3, Harapan 2 diraih oleh Kelas XI IPA-1, Harapan 1 diraih oleh Kelas XII IPA-2. Dan Juara 3 diraih oleh Kelas XI IPA-2, juara 2 diraih oleh kelas XII IPA-3, juara 1 diraih oleh Kelas XII IPA-1.

Semua kelas mendapat hadiah uang tunai dari madrasah. Sebagai kelas paling buncit mendapatkan uang hadiah sebesar Rp 250.000,- hingga juara pertama mendapat hadiah sebesar Rp 1.350.000,-. Total hadiah yang dikeluarkan untuk Lomba Dekorasi dan 5K antar Kelas Tahun ini adalah sebesar Rp 11.450.000,-. (Syah)

 

Lihat geleri kegiatannya - klik disini 

Terakhir diperbarui pada Minggu, 17 September 2017 08:03

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.