Masuk

Intrakurikuler Pramuka Selenggarakan Outbond Usai Pekan Ulangan Bersama (PUB)

Featured Intrakurikuler Pramuka Selenggarakan Outbond Usai Pekan Ulangan Bersama (PUB)

Troso, MAMHTROSO.com – Setelah minggu kemarin mengikuti Pekan Ulangan Bersama (PUB) ke-1 Semester Gasal, Dewan Ambalan Setiabudi dan Fatmawati Gugus Depan 09.115 – 09.116 MA Matholi’ul Huda Troso kembali adakan kegiatan intrakurikuler pramuka, Selasa (19/9/2017) siang ini.

Kegiatan ini biasanya dilaksanakan pada jam ke-7 dan 8 atau tepatnya pukul 11.50 – 13.15 WIB. Diikuti seluruh siswa mulai dari kelas X hingga kelas XII yang didampingi 4-5 anggota Dewan Ambalan dan 1 guru pembimbing.

Pada latihan pramuka kali ini Dewan Ambalan mengagendakan kegiatan out bound untuk seluruh anggota yang berjumlah kurang lebih 650 orang siswa. Tentu ini bertujuan untuk memberikan media refreshing kepada seluruh siswa usai melakoni ujian pada PUB. Selain itu dengan kegiatan outbond harapannya dapat menumbuhkan rasa kebersamaan, kerjasama, ketangkasan, dan kreatif dari seluruh anggota kepada sesama.

Outbound pada siang ini ada 3 jenis yaitu Ambil Bola, Tangan Cepat, dan Estafet Air Piring. Pertama Ambil Bola, ada sebuah wadah yang diletakkan di tengah2 antara 2 sangga. Di dalam wadah tersebut ada bola yang berjumlah ganji. Setiap sangga hanya diperbolehkan mengambil bola dengan ketentuan jarak 1,5 meter dari wadah. Sehingga hanya satu anggota sangga yang bisa mengambil bola tersebut dan yang lainnya harus bekerjasama untuk memegangi anggota yang mengambil bola. Sangga yang terbanyak mengambil bola itulah sangga yang menjadi pemenangnya.

Kedua, Tangan Cepat. Permainan ini menguji kecepatan tangan dan konsentrasi. Setiap anggota sangga berhadapan dengan sangga yang lain secara berpasang-pasangan dan di depannya diletakkan satu objek untuk diperebutkan. Mereka diadu mana yang lebih cepat mendapatkan objek tadi dengan diawali memegang anggota-anggota badan yang disebutkan oleh Dewan Ambalan.

Ketiga, Estafet Air. Seperti biasa permainan yang menggunakan air menjadi permainan paling favorit untuk para anggota pramuka di MA Matholi’ul Huda Troso. 2 sangga diadu memindahkan air dengan menggunakan piring plastik. Cara memindahkannya harus lewat atas kepala dan tidak boleh menoleh ke belakang. Maka dibutuhkan kerjasama dan komunikasi yang baik agar air yang dipindahkan secara estafet tidak tumpah di atas kepala atau dipunggung anggota.

Out bound ini akan selalu diadakan 2 – 3 minggu sekali untuk membuat seluruh anggota pramuka di MA Matholi’ul Huda Troso merasa senang mengikuti kegiatan pramuka. Karena gerakan pramuka di MA Matholi’ul Huda Troso tidak untuk memberatkan anggotanya, tetapi tujuannya adalah melatih agar anggota pramuka di MA Matholi’ul Huda Troso berkarakter, bermental baja, kreatif, memiliki sikap kebersamaan, peduli, tanggung jawab, dll. sesuai dengan Pancajiwa Matholi’ul Huda Troso. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Selasa, 19 September 2017 21:39

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.