Masuk

Intrakurikuler Pramuka – Melatih Kedisiplinan Lewat Baris-Berbaris dan Melatih Keterampilan Bicara Lewat Bercerita

Featured Intrakurikuler Pramuka – Melatih Kedisiplinan Lewat Baris-Berbaris dan Melatih Keterampilan Bicara Lewat Bercerita

Troso, MAMHTROSO.com – Setelah pada minggu kemarin mengadakan latihan menaksir tinggi dan lebar, gerakan Pramuka intrakurikuler Ambalan Setiabudi dan Fatmawati Gugus Depan 09.115 – 09.116 MA Matholi’ul Huda Troso adakan latihan baris-berbaris siang ini, Selasa (3/10/2017).

Kegiatan intrakurikuler pramuka ini diadakan secara rutin tiap Hari Selasa siang pada jam pelajaran ke-7 dan ke-8. Yaitu sekitar pukul 11.50 WIB sampai pukul 13.30 WIB. Diiukuti oleh seluruh siswa MA Matholi’ul Huda Troso sekitar 650-an orang siswa yang terbagi menjadi 18 kelompok.

Materi baris-berbaris kali ini sama seperti yang sebelumnya yaitu gerakan dasar di tempat. Mulai dari posisi siap, lencang kanan, hitung, hormat, hadap-hadap, sampai periksa kerapian. Muhammad Rizki Maulana Fatah (XII IPS-2), Pradana Ambalan Setiabudi masa bhakti 2017-2018 mengungkapkan bahwa latihan kali ini diagendakan untuk menegaskan kembali materi baris-berbaris yang pada semester ini baru sekali diadakan. Dan rencananya sebelum diadakannya Lomba Keterampilan Penegak (LKP) ke-5 nanti akan diadakan latihan baris-baris setidaknya 3 kali dalam satu semester.

Namun selain materi utama baris-berbaris, Dewan Ambalan yang menjadi fasilitator pada kegiatan ini mengajak setiap anggotanya melakukan 12 tepuk paha, tepuk semangat, dan tepuk-tepuk yang lain untuk menambah semangat para anggota.

Setelah latihan baris-berbaris Dewan Ambalan mengajak setiap anggotanya untuk latihan tata cara berbicara. Yaitu dengan bercerita di hadapan teman satu anggotanya tentang sesuatu hal yang paling menarik dalam hidupnya. Hal ini tujuannya untuk menambah mentalitas anggota agar lebih berani bicara dengan baik di depan teman-temannya. (Syah)

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.