Masuk

Apel Pagi – Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Ojo Nglalekno Gosti Allah

Featured Apel Pagi – Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Ojo Nglalekno Gosti Allah

Troso, MAMHTROSO.com – Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Troso adakan Apel Pagi hari ini, Sabtu (11/11/2017).

Apel pagi ini adalah salah satu agenda yang dilaksanakan secara kondisional oleh madrasah untuk memberikan informasi, motivasi, ceramah kehidupan dan siraman rohani langsung dari Kepala Madrasah kepada seluruh siswa-siswinya. Sekitar 1.300-an siswa duduk rapi di halaman madrasah sebelum proses belajar mengajar dimulai. Biasanya apel pagi seperti ini dilaksanakan dengan durasi waktu antara 30 menit sampai 1 jam.

“Ojo nglalekno Gosti Allah”, berulang-ulang kalimat pembuka ini diucapkan Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala MA Matholi’ul Huda Troso. Maksud dari kalimat Bahasa jawa tersebut adalah jangan melupakan Allah. Karena dengan melupakan Allah adalah menjadi sumber malapetakanya kehidupan.

Fenomena-fenomena pergaulan remaja sekarang ini yang sudah banyak terkontaminasi dampak buruk dari handphone menjadikan prihatin pihak madrasah. Pasalnya banyak perilaku remaja sekarang ini menyalah-gunakan handphone tersebut dengan berperilaku tidak pantas di jejaring sosial. Fakta ini hanya salah satu contoh, dan sebenarnya masih banyak lagi contoh-contoh perilaku negatif remaja saat ini yang pada hakikatnya disebabkan karena mereka lupa dengan sang penciptanya, Allah SWT.

Berkaitan dengan Pekan Ulangan Bersama (PUB) yang telah dilaksanakan pada minggu kemarin, madrasah selalu punya catatan-catatan evaluasi. Masih saja ada siswa yang menggunakan cara-cara kotor untuk mendapatkan nilai baik dengan berbagai modus. Mulai dari membawa contekan kertas, memfotocopy jawaban bank soal, menulis contekan di tangan, di meja, dll. Siswa yang seperti ini berarti belum mengerti makna pendidikan. Siswa sering lupa dengan kewajibannya yaitu belajar, tetapi selalu menuntut haknya yaitu nilai baik. Padahal sebetulnya hak adalah hasil dari kewajiban, jika siswa melaksanakan kewajiban maka implikasinya akan mendapatkan nilai baik.

“Banyak anak-anak yang hanya maunya enaknya saja, tetapi tidak pernah memikirkan baiknya. Dan rata-rata manusia saat ini menuntut hak, tetapi tidak mau melaksanakan kewajibannya”, ungkap Drs. H. Nur Kholis Syam’un.

Kemudian berkaitan dengan tata tertib, madrasah sengaja membuat peraturan yang selaras dengan kehidupan di masyarakat. Jadi siswa sejak masih sekolah dibiasakan hidup dengan memegang nilai-nilai mulia agar nantinya setelah lulus terbiasa berperilaku baik. Maka jika ada siswa yang selalu melanggar tata tertib, semisal kemari nada kejadian siswa putri yang pergaulannya melewati batas, ada siswa yang merokok, sampai tidak tertib membayar kas kelas, maka madrasah akan memperingatkan dengan tegas, tidak akan segan-segan mengeluarkan siswa tersebut jika tidak mau berubah. “Kita butuh ribuan murid, tetapi yang mau dididik, kalau ada siswa yang tidak mau dididik maka akan kita keluarkan dari madrasah”, tegasnya.

Informasi untuk Kelas XII, pada Hari Senin (13/11/2017) akan diadakan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Dan rencananya pada UNBK tahun ini MA Matholi’ul Huda Troso akan menyediakan 3 ruang laboratorium komputer. Pihak madrasah akan selalu mengembangkan fasilitas-fasilitasnya supaya siswa-siswi dapat lebih kreatif dan punya keterampilan lebih.

Terakhir Kepala Madrasah mengajak doa bersama untuk seluruh siswa supaya diberikan kekuatan, dibukakan pikiran dan hatinya, dimudahkan belajarnya. Mendoakan semua wali murid dan para guru agar diberikan rizki melimpah, diberikan kesehatan, dan diberikan kesabaran dalam mendidik siswa. Dan mendoakan madrasah agar terus berkembang, semakin maju, dan semakin memberkahi umat. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Minggu, 12 November 2017 10:06

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.