Masuk

Apel Pagi Penyerahan Tropi GKP dan GWC - Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Ilmu Adalah Sesuatu yang Suci, Raihlah dengan Cara yang Suci

Featured Apel Pagi Penyerahan Tropi GKP dan GWC - Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Ilmu Adalah Sesuatu yang Suci, Raihlah dengan Cara yang Suci

Troso, MAMHTROSO.com – Masuk perdana pasca libur semester gasal Tahun Pelajaran 2017-2018 MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso adakan apel pagi, Rabu (3/1/2018).

Lihat geleri kegiatannya - klik disini

Apel pagi biasanya digunakan oleh Kepala Madrasah untuk menyampaikan berbagai macam informasi kemadrasahan kepada seluruh civitas akademika MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso. Selain berbagai macam informasi Kepala Madrasah juga memberikan ceramah rohani dan motivasi tentang kehidupan. Hal ini bertujuan agar jiwa siswa-siswinya tertanam karakter-karakter baik dan memiliki cara berfikir yang progresif, dinamis, toleran, tidak egois, dan yang penting berakhlakul karimah.  

Nilai manusia tergantung pada akhlak, jasa, dan pengorbanannya. Setiap guru yang mengajar tidak boleh berorientasi hanya pada uang tetapi harus diniatkan untuk mendidik siswa-siswi dengan ikhlas. Ikhlas bukan berarti tanpa imbalan, tetapi ikhlas adalah berjuang, berkorban, dan berjasa tujuan utamanya tidak hanya sekedar insentif atau honor. Seorang guru yang setiap bulannya mendapatkan honor atau insentif itu bukanlah tujuan utamanya. Akan tetapi itu adalah implikasi dari hasil perjuangan dan usahanya untuk mendidik siswa-siswinya.

Orang yang berharga itu tidak akan minta sesuatu, tetapi akan memberikan sesuatu. Seorang siswa yang berjuang membesarkan nama baik madrasah, namanya akan selalu tercatat dalam sejarah perjalanan madrasah. Mereka bergerak tidak untuk memperoleh suatu materi, tetapi kesempatan untuk melatih keterampilan, menambah pengalaman, memperkuat mental itulah tujuan dari pendidikan. Jangan sampai siswa-siswi terkesan dengan bangunan gedung menjulang, tetapi terkesanlah dengan orang-orang yang selalu aktif mengisi madrasah dengan kegiatan-kegiatan yang positif. Gedung bagaikan tubuh, dan penghuninya bagaikan jiwa atau ruh dari berdirinya suatu madrasah.

Dalam waktu dekat, madrasah akan mengupayakan sholat dzuhur berjama’ah. Dengan siapnya keran-keran air di sepanjang halaman dan teras, akan segera dilaksanakan simulasi sholat dzuhur berjama’ah tersebut. Ruang kelas dan teras harus dalam keadaan suci dan bersih. Siswa tetap memakai sepatu dari rumah, tetapi ketika masuk kelas harus melepas sepatunya. Karena ilmu itu suci maka harus didapatkan dengan cara-cara suci.

Selain itu juga nantinya setiap kelas akan diberikan kesempatan untuk mengecat jendela dan pintunya masing-masing agar lebih indah. Karena dinding-dinding luar kelas sudah dicat ulang oleh madrasah dengan suasana yang baru dan lebih terang.

Setelah usai libur semester gasal siswa-siswi agar segera mengumpulkan buku raport kepada wali kelas. Selain itu juga nanti akan ada pemanggilan beberapa siswa yang selama liburan melanggar peraturan, seperti mengecat rambut, pacaran, dll.

Usai ceramah dari Kepala Madrasah, dilanjutkan penyerahan tropi hasil kegiatan Gelar Keterampilan Penggalang kontingen MTs. Matholi’ul Huda Troso yang meraih 2 tropi yaitu Juara Harapan 1 Keterampilan Baris-berbaris Tongkat Putra dan Juara Harapan 2 Keterampilan Baris-berbaris Tongkat Putri. Dilanjutkan penyerahan tropi hasil kegiatan Gladi Widya Cakra Baswara II Kwartic Cabang Jepara yang berhasil menjadi juara umum putra dan putri dengan raihan 19 tropi.  

Pada pagi hari ini juga telah diadakan jalan sehat bersama, seluruh siswa-siswi MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso berjalan kurang lebih 3 km start dari madrasah ke arah utara menuju SD 03 Troso. Ke barat sampai dukuh Mbelik dan kembali lagi ke madrasah lewat jalur selatan. Jalan sehat ini bertujuan untuk pemanasan siswa-siswi setelah libur panjang agar keesokan harinya siap mengikuti proses belajar mengajar (PBM). (Syah)

Galeri kegiatan Jalan Sehat - klik disini

Terakhir diperbarui pada Sabtu, 06 Januari 2018 00:09

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.