Masuk

Upacara Pengibaran Bendera – Muhammad Arsyad : Khususkan Cinta Hanya Kepada Allah dan Rasulullah

Featured Upacara Pengibaran Bendera – Muhammad Arsyad : Khususkan Cinta Hanya Kepada Allah dan Rasulullah

Troso, MAMHTROSO.com – Seperti biasa pada Sabtu pagi Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Troso adakan Upacara pengibaran Bendera Merah Putih, Sabtu (20/1/2018).

Upacara ini laksanakan rutin setiap Sabtu pagi selain sebagai kegiatan pembuka setelah libur akhir pekan, juga untuk melatih siswa agar lebih disiplin dan cinta tanah air sekaligus sebagai media madrasah memberikan motivasi kepada seluruh siswa-siswinya.

Adi Setiawan (XI IPA-2) dkk. berhasil melaksanakan tugasnya sebagai petugas upacara dengan baik pagi ini. Mulai dari pembawa acara yang ditugaskan kepada Nikmatul Jannah (XI IPA-1), Pembaca Pembukaan UUD oleh Tsalsa Dyna Shofwatin (XI IPA-1), Pembaca Doa oleh Lutfiyah Zakiyatun Nisa’ (XI IPA-3), 3 pemimpin pasukan pleton oleh Ahmad Shohibul Munir (XI IPA-1), Ahmad Aris (XI IPA-2), dan Ahmad Mujahidin (XI IPA-3), Ajudan Upacara oleh Muhammad Syamsul Ma’arif (XI IPA-1) dan Pasukan pengibar bendera dengan pasukan 9 oleh Fima Kurnia Robbi (XI IPA-2), Wahyu Aji Wijanarko (XI IPA-1) dan Yunita Hidayah (XI IPA-2), dkk.

Muhammad Arsyad salah satu guru di MA Mahtoli’ul Huda Troso yang mengampu pelajaran Muhaddatsah berkesempatan menjadi Pembina Upacara. Beliau menyampaikan tentang Cinta Kepada Allah dan Cinta kepada Rasulullah. Di awal-awal pidatonya beliau mengutip salah satu ayat Surat Ali Imron : 31.

قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَاللهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Artinya : Katakanlah, “Jika kalian mencintai Allah, ikutilah aku (Muhammad SAW), niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosa kalian.”

“Cinta bukanlah sesuatu yang haram, tetapi cinta itu adalah sebuah kebaikan manakala hanya dikhususkan kepada Allah dan Rasulullah”, ungkap beliau.

Segala ritual mulai dari Asmaul Husna, Al Barzanji yang dilaksanakan di madrasah tidak hanya supaya ada kegiatan, supaya di madrasah ramai dengan sholawat, dll. tetapi muara tujuannya adalah untuk menambah rasa cinta kepada Allah dan Rasulullah. Maka siapapun yang bisa memposisikan cinta dengan baik maka akan membawa dampak yang baik, dan sebaliknya.

Cinta dalam Bahasa Inggris adalah “LOVE”. Kata “LOVE” terdiri dari 4 huruf yang memiliki kepanjangan masing-masing. Huruf pertama L kepanjangannya learn artinya belajar, sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW setiap muslim wajib hukumnya untuk selalu belajar. Huruf kedua O kepanjangannya adalah opportunity artinya kesempatan. Banyak kesempatan di madrasah untuk berlatih dan mempersiapkan diri supaya nantinya menjadi orang yang sukses bagi diri sendiri, keluarga, negara, dan agama. Huruf ketiga V kepanjangannya adalah victory yang artinya kemenangan. Untuk mencapai kemenangan memang dibutuhkan proses yang berat dan panjang yaitu melalui belajar yang sungguh-sungguh dan selalu berlatih selama masih ada kesempatan. Huruf terakhir E kepanjangannya energy artinya kekuatan. Karena pada hakikatnya seluruh daya upaya kekuatan adalah bersumber dari Allah, maka cinta kepada Allahlah yang nantinya menjadi satu-satunya kekuatan dalam menghadapi setiap proses kehidupan manusia di dunia. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Sabtu, 20 Januari 2018 13:27

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.