Masuk

MA MH Troso Ambalan Setiabudi – Fatmawati Melantik 205 Anggota Pramuka menjadi Penegak Laksana

Featured MA MH Troso Ambalan Setiabudi – Fatmawati Melantik 205 Anggota Pramuka menjadi Penegak Laksana

Troso, MAMHTROSO.com – Setelah jum’at satu minggu yang lalu melantik 210 penegak bantara, kali ini Gugus Depan 09.115-09.116 MA Matholi’ul Huda Troso Ambalan Setiabudi – Fatmawati melantik 205 orang anggota pramuka menjadi penegak laksana, Jum’at (26/1/2017) kemarin.

Ujian kenaikan tingkat dalam gerakan pramuka penegak ini mengujikan 23 nomor soal sesuai dengan yang ada di buku syarat kecakapan umum (SKU). Dimulai pada pukul 06.30 WIB seluruh peserta langsung berbaris di halaman madrasah untuk mengecek kehadiran dan juga perlengkapan yang dibawa oleh peserta. Kemudian istirahat sebentar dilanjutkan pengarahan dari panitia tentang teknis ujian SKU yang akan mereka ikuti.

Sebanyak 205 orang terbagi menjadi 9 sangga putra dan 12 sangga putri total ada sebanyak 21 sangga. Setiap sangga ini harus melewati 5 pos yang bertempat di sekitar  lingkungan madrasah. Pos pertama ada di Ruang Kelas 12, Pos kedua berada di Hall Muslimat NU, Pos ketiga berada di Musholah Tarbiyatus Sibyan Bapak Mustain, Pos keempat berada di Musholah Bapak Sarwan, dan Pos kelima berada di Musholah Bapak Fadholi. Panitia memang sengaja membuat jarak antar pos berdekatan supaya ujian 23 nomor SKU dapat berjalan lebih cepat. Setiap pos berisi 4 sampai 5 penguji dengan kategori putra dan putri. Sehingga untuk peserta putra diuji oleh Pembina dengan dibantu Dewan Ambalan Putra, begitupun peserta putri diuji oleh Pembina dengan dibantu Dewan Ambalan Putri.

Ujian SKU ini selesai sebelum sholat Jum’at untuk Peserta Putra, tetapi untuk peserta putri selesai setelahnya yaitu sekitar pukul 13.30 WIB. Sampai semuanya di madrasah diadakan pemeriksaan kelulusan SKU, dan bagi peserta yang belum lulus 23 nomor SKU bisa meminta ujian ulang kepada tim penguji. Hanya ada 12 orang peserta yang tidak lulus untuk semua nomor soal SKU, dari 205 orang jumlah total peserta. Dan 12 orang ini kemudian mengikuti ujian ulang kepada tim penguji sampai jam 14.30 WIB.

Setelah itu kemudian langsung diadakan Upacara Pelantikan yang dipimpin oleh Ahmad Thoha Mansyur sebagai pemimpin upacara. Secara simbolis peserta pelantikan diwakili oleh Fima Kurnia Robbi dan Tsalsa Dyna Shofwatin. Seluruh peserta sebanyak 205 orang akhirnya dilantik secara langsung oleh Mustain, S.Sos. I., salah satu Pembina di MA MH Troso.

205 Penegak Laksana yang baru dilantik ini berarti berhak memakai Tanda Kecakapan Umum (TKU) Laksana serta nantinya akan diberikan sertifikat kelulusan SKU Laksana dari Panitia. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Sabtu, 27 Januari 2018 13:37

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.