Masuk

Majalah Dinding MA MH Troso di Masing-masing Kelas Mulai Terbit Kembali

Featured Majalah Dinding MA MH Troso di Masing-masing Kelas Mulai Terbit Kembali

Troso, MAMHTROSO.com – Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MA Matholi’ul Huda Troso kali ini berupaya untuk mengaktifkan kembali majalah dinding di masing-masing kelas. Tercatat majalah dinding kelas ini sudah 3 minggu berjalan dan selalu berganti edisi setiap minggunya.

Majalah dinding di MA Matholi’ul Huda Troso memang sudah lama fakum, karena lebih fokus pada pengisian suara siswa di website resmi MA Matholi’ul Huda Troso. Sedangkan untuk hasil karya siswa dalam bentuk cetak sudah lama tidak diterbitkan.

Majalah dinding atau yang biasa diakronimkan menjadi mading adalah salah satu jenis media massa tulis yang paling sederhana. Disebut majalah dinding karena prinsip dasar penyajiannya biasanya dipampang pada dinding. Banyak rubrik-rubrik yang ditempelkan pada mading mulai dari tulisan seperti artikel, cerpen, puisi, dll. atau yang berbentuk gambar seperti karikatur, lukisan, doodle, cerita gambar, dll. yang disusun secara variatif. Semua materi itu disusun secara harmonis sehingga keseluruhan mading tampak menarik.

Diantara manfaat dari mading ini adalah sebagai media komunikasi, wadah kreatifitas, menanamkan kebiasaan membaca, melatih kecerdasan berfikir, dan mendorong latihan menulis untuk siswa-siswi. Dengan itu siswa dapat mengekspresikan kemampuannya lewat karya-karya yang dapat ditampilkan untuk dinikmati oleh siswa-siswi yang lain.

Ada sebanyak 9 kotak majalah dinding di MA Matholi’ul Huda Troso yang terletak di 3 lantai madrasah. Teknis pengisian mading ini dibuat bergantian antara kelas IPA dan IPS setiap minggunya. Untuk lantai paling bawah 3 kotak mading ditugaskan kepada Kelas XII IPA bergantian dengan Kelas XII IPS untuk mengisinya. Kemudian 2 kotak mading dilantai dua ditambah 1 kotak dilantai 3 ditugaskan kepada Kelas XI IPA dan XI IPS secara bergantian. Sementara untuk Kelas X MIA dan X IIS juga ditugaskan bergantian untuk mengisi 3 kotak mading yang berada di lantai 3 lainnya.

Dari karya-karya siswa yang telah ditampilkan di mading, setiap kelas juga mengumpulkan arsip madingnya ke pengurus OSIS. Kemudian pengurus OSIS menyeleksi dari sekian banyak arsip mading itu untuk diupload pada “Suara Siswa” di website resmi MA Matholi’ul Huda Troso. Sampai saat ini setiap minggunya ada sebanyak 20 – 25 karya siswa yang dapat diupload pada “Suara Siswa”. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Senin, 29 Januari 2018 09:58

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.