Masuk

Melestarikan Permainan Tradisional, Pramuka MA MH Troso Adakan Turnamen “Gobak Sodor”

Featured Melestarikan Permainan Tradisional, Pramuka MA MH Troso Adakan Turnamen “Gobak Sodor”

Troso, MAMHTROSO.com – Gerakan Pramuka Gugus Depan 09.115-09.116 Ambalan Setiabudi – Fatmawati MA Matholi’ul Huda Troso gelar permainan tradisional “Gobak Sodor” di latihan rutinnya, Selasa (30/1/2018) kemarin.

Lihat galeri kegiatannya - klik disini

Bersemboyan “Scouting is Fun” Gerakan Kepramukaan di MA Matholi’ul Huda Troso yang menjadi salah satu kegiatan intrakurikuler adalah kegiatan yang harus diikuti oleh seluruh siswa-siswinya. Akan tetapi berbeda dengan Pramuka pada umumnya yang terkesan membosankan, kuno, dan kaku di MA Matholi’ul Huda Troso pramuka dikemas dengan kegiatan-kegiatan yang lebih variatif. Selain melatih beberapa kemampuan tehnik kepramukaan (tekpram) setiap minggunya juga sering diadakan game-game atau permainan yang dapat membangun kebersamaan, kerjasama, yang juga menyenangkan.

Salah satu permainan yang baru saja kemarin dimainkan oleh anggota gerakan pramuka di MA Matholi’ul Huda Troso adalah permainan tradisional “Gobak Sodor”. Permainan ini memang saat ini sudah jarang dimainkan oleh anak-anak. Bahkan banyak siswa yang masih belum paham cara bermain permainan yang pernah menjadi salah satu permainan terpopuler di era 90-an ini. Sehingga ketika awal mula mereka bermain masih ada beberapa siswa yang masih bingung.

Kalau biasanya Dewan Ambalan sebagai fasilitator melaksanakan permainan atau outbound untuk masing-masing berkelompok, kali ini permainan Gobak Sodor dimainkan secara sentral menjadi satu arena. Sebagaimana turnamen sebanyak 18 kelompok pramuka yang terdiri dari 8 kelompok putra dan 10 kelompok putri mereka bertarung secara battle. Dan bagi kelompok yang menang bisa melanjutkan permainan gobak sodor ini ke babak selanjutnya.

Sementara untuk anggota pramuka yang lainnya yang tidak bermain menjadi penyemangat untuk kelompoknya yang sedang bermain. Kemeriahan permainan yang berlangsung dari pukul 12.00 WIB sampai 13.30 WIB ini akhirnya memunculkan kelompok juara turnamen permainan tradisional gobak sodor putra yang dimenangkan oleh Kelompok 16 yang dibimbing oleh Andika Wisnu Saputra, S.Pd. dan Kelompok 1 yang dibimbing Siti Saudah, S.Pd.I. sebagai juara turnamen gobak sodor pada kategori putri. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Rabu, 31 Januari 2018 10:58

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.