Masuk

Intrakurikuler Pramuka MA MH Troso Melatih Dasar-Dasar Pertolongan Pertama

Troso, MAMHTROSO.com – Meskipun hujan lebat setiap hari, gerakan pramuka di MA Matholi’ul Huda Troso tetap rutin mengadakan latihan. Kali ini latihan yang diadakan cukup di dalam ruangan masing-masing dengan materi tahapan-tahapan pertolongan pertama.

Tidak dilaksanakan para hari Selasa seperti biasanya kegiatan pramuka kali ini diadakan pada hari Senin (12/2/2018). Hal ini terkait kegiatan Morning Fun yang biasanya diadakan pada Senin pagi tidak dapat dilaksanakan karena terkendala cuaca hujan.

Dewan Ambalan Setiabudi – Fatmawati memberikan materi tentang Tahapan-tahapan Pertolongan Pertama ini tujuannya agar anggota pramuka di MA Matholi’ul Huda Troso memiliki keterampilan menolong korban. Tahapan-tahapan ini bisa digunakan menolong semua korban baik korban dari kasus ringan seperti pingsan di lapangan ketika upacara sampai pada korban-korban akibat kecelakaan atau bencana alam.

Tahapan-tahapan ini mulai dari penilaian keadaan yaitu memastikan keselamatan diri sendiri, korban, dan lingkungan sekitar. Kemudian tahapan penilaian dini yaitu membaca mekanisme kejadian kemudian memeriksa respon, jalan nafas, keadaan nadi, dll. Tahapan pemeriksaan fisik untuk mencari luka yang harus ditangani. Tahapan riwayat korban, pemeriksaan berkala, hingga pelaporan kepada petugas medis. Rencananya pada latiahn berikutnya akan diadakan latihan Pertolongan Pertama tentang Bantuan Hidup Dasar (BHD).

Latihan kepramukaan ini selain untuk membekali para anggotanya dengan keterampilan-keterampilan agar dapat dipraktikkan dalam kehidupannya sehari-hari, juga mempersiapkan materi-materi untuk Lomba Keterampilan Penegak (LKP) yang dilaksanakan di akhir semester. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Rabu, 14 Februari 2018 10:40

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.