Masuk

Persiapkan Mental Siswanya MA MH Troso Selenggarakan Try Out dan Simulasi UAMBNBK - UNBK

Featured Persiapkan Mental Siswanya MA MH Troso Selenggarakan Try Out dan Simulasi UAMBNBK - UNBK

Troso, MAMHTROSO.com – Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara selenggarakan serangkaian kegiatan latihan ujian akhir kelas XII.  Muladi Try Out Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) berbasis kertas pensil, Kemudian Simulasi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK) dan simulasi atau gladi bersih Ujian Nasional berbasis Komputer (UNBK). Serangkaian latihan ujian ini dijadwalkan selama 9 hari, mulai Kamis kemarin (8/3/2018) sampai Jum’at depan (16/3/2018).

Untuk hari pertama yaitu hari Kamis hanya mengujikan 1 mata pelajaran Qur’an Hadits. Hari Jum’atnya ada 2 mata pelajaran yaitu Aqidah Akhlak yang diujikan berbasis kertas pensil, dan yang kedua Fikih yang diujikan dengan berbasis komputer. Hari Sabtu juga mengujikan 1 mata pelajaran Fikih dengan berbasis kertas pensil. Sementara untuk mulai Hari Senin sampai hari Rabu digunakan untuk Simulasi terakhir atau gladi bersih Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Dan hari Kamis dan Jum’at masing-masing mengujikan 1 mata pelajaran dengan berbasis kertas pensil yaitu SKI dan Bahasa Arab.

Tujuan diadakannya try out dan simulasi ini adalah untuk melatih mental dan kesiapan siswa dalam menghadapi ujian yang pada tahun ini lebih dominan dengan berbasis komputer. Selain itu juga bertujuan untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik akhir jenjang satuan pendidikan Madrasah Aliyah (MA).

Diharapkan dengan simulasi ini para peserta bisa mendapatkan hasil memuaskan dan sesuai dengan standar kompetensi kelulusan yang ditetapkan secara nasional. Kemudian sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan pemetaan mutu madrasah, umpan balik dalam perbaikan program, alat pengendalian mutu pendidikan, serta pendorong peningkatan mutu pendidikan pada tingkat Madrasah Aliyah (MA).

Yang paling penting dan yang menjadi sasaran utama dari simulasi ini adalah pematangan penguasaan mental dan teknik bagi siswa. Secara keseharian mereka sudah tidak asing dengan alat komunikasi canggih atau komputer, karena situasi ujian sangat berpengaruh terhadap mental siswa, maka simulasi juga berfungsi sebagai ajang penggemblengan mental. Dengan penggemblengan mental di harapkan siswa tidak gugup dan tenang dalam menghadapi ujian berbasis komputer, sehingga mereka bisa mendapatkan hasil nilai yang maksimal dan memuaskan.

Ada sebanyak 221 siswa Kelas XII yang mengikuti serangkaian latihan ujian akhir ini, yaitu 3 kelas dari jurusan IPA dan 3 kelas dari jurusan IPS. Denah tempat duduknya pun dibuat berbeda dari hari biasanya dengan diawasi oleh guru-guru sesuai jam pelajarannya. Ujian dengan berbasis kertas pensil menggunakan 6 ruang dengan sistem silang jurusan IPA dan IPS. Kemudian ujian dengan berbasis komputer dilaksanakan di 3 ruang komputer dengan dibagi menjadi 2 sesi.

Setelah proses mengerjakan soal selesai kepala madrasah, Drs. H. Nur Kholis Syam’un langsung masuk dari kelas ke kelas untuk mencocokan lembar jawab siswa agar siswa langsung mengetahui berapa nilai yang didapatkan. Hal ini untuk mengetahui kesiapan siswa untuk menghadapi serangkain ujian akhir madrasah. Mulai dari UAMBN-BK, USBN, dan UNBK. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Senin, 12 Maret 2018 13:42

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.