Masuk

Gerakan Literasi Siswa (GLS) - 1.300 Siswa MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso Membaca Koran Jawa Pos Bersama

Featured Gerakan Literasi Siswa (GLS) - 1.300 Siswa MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso Membaca Koran Jawa Pos Bersama

Troso, MAMHTROSO.com – Ribuan siswa MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara antusias membaca koran Jawa Pos pagi ini, Kamis (22/3/2018). Mereka membaca serentak di halaman madrasah. Aksi membaca ini sebagai gerakan literasi sekolah (GLS) sekaligus merangsang minat baca siswa.

Galeri kegiatannya - klik

Kegiatan ini diikuti 1.300 siswa serta 50 guru dan karyawan. Mereka membaca berita nasional, olahraga, ekonomi, infotainment, Jawa Tengah. Termasuk berita lokal di Radar Jepara yang pada hari ini satu halaman mengekspos tentang Yayasan Pendidikan Islam Matholi’ul Huda Troso. Mulai dari sejarah berdirinya, program-program pendidikan dimiliki, hingga prestasi-prestasi yang diraih.

Gerakan Literasi Siswa (GLS) MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara tidak hanya sekedar untuk mendorong minat baca di kalangan siswa. Tapi dari program ini diharapakan bisa dijadikan sarana oleh seluruh civitas akademika MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara untuk mampu mengakses, memahami, serta menggunakan dengan cerdas sumber-sumber literasi.
Sebelum dilaksanakannya proses belajar mengajar seluruh siswa dikumpulkan di halaman madrasah. Didampingi guru-guru yang mengajar pada pagi ini, mereka dikondisikan supaya semuanya dapat duduk dengan rapi. Setiap siswa kemudian membaca Koran Jawa Pos yang telah dibagikan oleh pihak madrasah. Berlangsung kira-kira 30 menit kemudian siswa bisa kembali masuk ke dalam kelas untuk memulai proses belajar mengajar.

Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara sebetulnya sudah berupaya melaksanakan gerakan literasi ini sejak lama. Bahkan sebelum adanya kurikulum 2013 yang menekankan pada kegiatan literasi.

Di MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso pernah diadakan salah satu program membaca buku bacaan non-mata pelajaran bersama-sama sebelum proses belajar mengajar dimulai. Akan tetapi program ini hanya bertahan selama 2 semester karena dirasa kurang efektif dalam pelaksanaannya. Namun berkaitan dengan kegiatan literasi siswa-siswi MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso sejak lama terbiasa membaca buku-buku bacaan untuk mempersiapkan teks pidato pada pelajaran Muhadlarah setiap minggunya. Selain itu juga OSIS setiap tahunnya memiliki program mengadakan lomba literasi untuk memperingati hari besar Nasional. Mulai dari lomba membuat cerpen, puisi, artikel, karikatur, cerita bergambar, dll. Bahkan di MA Matholi’ul Huda Troso juga terdapat 9 majalah dinding di teras-teras kelas yang selalu diterbitkan seminggu sekali oleh siswa-siswinya. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Jumat, 23 Maret 2018 13:47

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.