Masuk

Apel Pagi – Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Ikhlas Menjadi Jiwa Kita

Featured Apel Pagi – Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Ikhlas Menjadi Jiwa Kita

Troso, MAMHTROSO.com – Seluruh civitas akademika MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso pagi ini berkumpul di halaman madrasah. Mereka mengikuti apel pagi dari Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso, Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Ahad (25/3/2018).

Sebelum diadakannya proses belajar mengajar sebanyak 1.300-an siswa duduk memadati halaman madrasah. Mereka siap untuk mendengarkan ceramah kehidupan dan berbagai informasi dari kepala madrasah. Poin pertama adalah tentang keikhlasan. Diawali dengan menyampaikan ayat 6 dari Surat Thaha.

لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا وَمَا تَحْتَ الثَّرَىٰ

Artinya : Milik-Nya apa yang ada di langit, apa yang ada di Bumi, apa yang ada di antara keduanya dan apa yang ada di bawah tanah. (Surat Thaha : 6).

Dari ayat tersebut beliau mengingatkan kepada seluruh siswa bahwa semua yang ada di alam semesta ini adalah milik Allah. Sehingga manusia yang hanya menumpang di dunia tidak sepatutnya tidak patuh kepada Allah. Sebagaimana termasuk lembaga pendidikan MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso sejatinya adalah milik umat atau masyarakat, akan tetapi direpresentasikan secara formal oleh pengurus yayasan. Sehingga siswa yang menuntut ilmu di madrasah memang sudah seharusnya mematuhi peraturan-peraturan di madrasah. Yang berarti juga mematuhi peraturan umat. Karena manusia tidaklah memiliki hak apapun, maka semua hal harus diniatkan untuk bermuara kepada Allah.

“Boleh kalian menjadi pegawai, boleh kalian ingin menjadi bos, tetapi jangan sampai salah niat. Jadilah kamu manusia-manusia baik dan mulia karena Allah”, ungkap Drs. H. Nur Kholis Syam’un.

قَالَ رَبِّ بِمَا أَغْوَيْتَنِي لَأُزَيِّنَنَّ لَهُمْ فِي اْلأَرْضِ وَلَأُغْوِيَنَّهُمْ أَجْمَعِينَ . إِلَّا عِبَادَكَ مِنْهُمُ الْمُخْلَصِينَ

Artinya : Iblis berkata: "Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan maksiat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya, kecuali hamba-hamba Engkau yang mukhlis di antara mereka. (Surat Al Hijr : 39-40).

Dari ayat tersebut beliau juga mengingatkan bahwa Iblis memang sejak tidak mau bersujud kepada Nabi Adam kemudian memutuskan untuk sesat dan akan menyesatkan manusia di dunia sampai hari akhir nanti. Jadi sesuatu yang tidak baik di dunia pasti rasanya enak karena ada usaha pemanis dari iblis. Maka iblis akan menyesatkan semua manusia, kecuali manusia-manusia yang ikhlas dalam kehidupannya untuk bermuara kepada Allah. “Untuk itu dalam diri kalian tekankan semuanya hanya bermuara kepada Allah”, tandasnya.

Yang kedua, adalah berkaitan proyek pembanguan gedung baru untuk mempersiapkan boarding school. Kepala madrasah menghimbau kepada siswa dengan menambah gerakan infaq. Di MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso memang sudah sejak lama ada gerakan infaq seribu rupiah tiga kali dalam sepekan. Kebiasaan itu ternyata sudah menjadi kebiasaan dan dapat berjalan dengan baik dengan efek yang luar biasa.

Ketiga, terkait dengan diselenggarakannya serangkaian ujian akhir kelas XII, yang terdiri dari 3 macam ujian yaitu mulai dari Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK), Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Pada Senin besok tanggal 26 Maret 2018 akan dilaksanakan UAMBN selama 5 hari. Kemudian UNBK akan dilaksanakan pada Tanggal 9 April 2018. Terakhir pelaksanaan USBN dilaksanakan pada tanggal 19 April 2018. Dari ketiga macam ujian ini sesuai kesepakatan KKMA kelas X dan kelas XI tidak diliburkan di 2 ujian akhir yaitu di UAMBN dan UN karena keduanya berbasis komputer yang dilaksanakan di ruang lab. Komputer. Kelas X dan XI hanya diliburkan pada saat USBN, yang pelaksanaannya berbasis pensil dan kertas.  

Terakhir kepala madrasah mengajak doa bersama dengan membaca Surat Al Fatihah 3 kali, pertama untuk siswa-siswi Kelas IX dan XII yang akan menghadapi ujian akhir supaya dibukakan pikirannya. Kemudian doa kedua untuk para orang tua dan guru semoga segala urusannya dimudahkan dan dilimpahkan rizkinya. Dan terakhir mendoakan pembangunan gedung baru untuk menunjang fasilitas madrasah menuju boarding school, semoga diberikan kelancaran. (syah)

Terakhir diperbarui pada Senin, 26 Maret 2018 09:03

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.