Masuk

Lebih dari 120 Unit Komputer Digunakan untuk Pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional-Berbasis Komputer

Featured Lebih dari 120 Unit Komputer Digunakan untuk Pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional-Berbasis Komputer

Troso, MAMHTROSO.com – Hari ini Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara selenggarakan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK), Senin (26/3/2018).

Ujian ini dilaksanakan serentak seluruh Madrasah Aliyah di Indonesia baik swasta maupun negeri selama 5 hari kedepan. Dan pada tahun ini untuk pertama kalinya Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional menggunakan media elektronik atau disebut berbasis komputer. Sehingga untuk mengerjakan soal-soalnya setiap siswa tidak lagi menggunakan pensil dan kertas tetapi tinggal meng-klik pada layar monitor masing-masing. Tentu sebelumnya mereka harus login dulu dengan memasukkan username dan password dari kartu ujian yang sudah mereka dapatkan.

UAMBN-BK ini adalah salah satu jenis ujian akhir siswa kelas XII yang mengujikan khusus 5 mata pelajaran Pendidikan agama islam (PAI). Yaitu Qur’an Hadits, Aqidah Akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam, ditambah Bahasa Arab.

Di MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara ada sebanyak 221 orang siswa Kelas XII yang mengikuti UAMBN-BK ini. Terdapat 3 ruang laboratorium komputer sebagai ruang ujiannya dengan masing-masing ruang ada sebanyak 40 unit komputer dengan cadangan masing-masing 3 unit. Jadi totol keseluruhan unit komputer yang digunakan sebanyak 120 lebih unit komputer. Untuk itu peserta Ujian dibagi menjadi 2 sesi. Yaitu sesi pertama dimulai pada pukul 07.30 WIB sampai pukul 09.00 WIB. Kemudian sesi kedua dimulai pada pukul 09.30 WIB sampai pukul 11.00 WIB.

Sementara untuk siswa Kelas X dan XI tetap diadakan proses belajar mengajar, karena UAMBN-BK dilaksanakan di ruang laboratorium tidak menempati ruang-ruang kelas yang ada. Mereka baru diliburkan ketika diselenggarakannya Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), karena ujian ini masih berbasis pensil kertas sehingga membutuhkan ruang kelas untuk pelaksanaan ujiannya. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Senin, 26 Maret 2018 12:46

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.