Masuk

MA Matholi’ul Huda Troso Selenggarakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Hari Ini

Featured MA Matholi’ul Huda Troso Selenggarakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Hari Ini

Troso, MAMHTROSO.com – Setelah menggelar dua jenis ujian akhir Kelas XII yaitu Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN-BK) dan Ujian Nasional (UN-BK), pada hari ini MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara menyelenggarakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Kamis (19/4/2018).

USBN ini adalah satu-satunya jenis ujian yang masih berbasis pensil kertas pada tahun ini, berbeda dengan dua jenis ujian sebelumnya yang semuanya berbasis komputer. Karena masih berbasis pensil kertas sehingga seluruh Kelas XII yang berjumlah 221 orang siswa sebagai peserta ujian membutuhkan ruang kelas sebagai ruang ujian. Ada sebanyak 12 ruang yang digunakan. Maka siswa Kelas X dan XI diliburkan selama pelaksanaan USBN ini.

Ujian ini rencananya akan dilaksanakan selama 5 hari. Yaitu mulai Hari Kamis ini sampai Selasa (24/4/2018). Setiap harinya ujian dimulai pada pukul 07.00 WIB sehingga siswa dianjurkan agar datang sebelum ujian dimulai.

Ada sebanyak 9 mata pelajaran yang diujikan pada USBN kali ini. Yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, sejarah, PKn, Bahasa Inggris, Penjaskes, ditambah 3 mapel jurusan untuk IPA adalah Biologi, Fisika, dan Kimia sementara untuk jurusan IPS adalah Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi.

Bentuk soalnya 90 % berupa pilihan ganda dan 10 % berbentuk uraian. Setiap mata pelajaran diberikan alokasi waktu mengerjakan 120 menit. Dan setiap sekolah diberikan kewenangan untuk memberikan bobot nilai dari masing-masing jenis soal.

Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) termasuk kriteria penentu kelulusan siswa tahun ini, selain sikap yang minimal mendapatkan nilai baik dan 2 kriteria yang lainnya. Yaitu Menyelesaikan seluruh program pembelajaran dan mengiuti Ujian Nasional. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Kamis, 19 April 2018 09:09

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.