Masuk

MA MH Troso Gelar Pekan Ulangan Bersama (PUB) Kedua Semester Genap Tahun 2017-2018

Featured MA MH Troso Gelar Pekan Ulangan Bersama (PUB) Kedua Semester Genap Tahun 2017-2018

Troso, MAMHTROSO.com – Sebelum Pelaksanaan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) pada Semester Genap ini Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso selenggarakan Pekan Ulangan Bersama (PUB) ke-2 mulai kemarin, Kamis (4/5/2018).

PUB ini adalah salah satu sistem evaluasi belajar di MA Matholi’ul Huda Troso yang dilaksanakan dua kali dalam satu semester. Dengan meniadakan Ulangan Mid Semester, PUB menjadi sistem evaluasi andalan karena soal-soal yang dikeluarkan tepat sasaran sesuai dengan materi yang disampaikan oleh masing-masing guru mengampu.

Ada sebanyak 209 siswa Kelas X dan 204 siswa Kelas XI yang mengikuti PUB kali ini. Sementara untuk siswa Kelas XII tetap masuk sekolah untuk mempersiapkan Panggung Gembira pasca pelaksanaan UAMBN, UN, dan USBN. Seperti biasanya PUB dilaksanakan selama 4 hari dengan mengujikan 16 mapel, setiap harinya siswa menghadapi 4 jenis soal mapel yang berbeda. Untuk kelas X ada sebanyak 5 mapel PAI yaitu aqidah akhlak, sejarah kebudayaan islam, fiqih, Bahasa arab, dan qur’an hadits. Kemudian 5 mapel umum yaitu Bahasa inggris, pkn, Bahasa Indonesia, matematika, sejarah. Dan 3 mapel jurusan IPA yaitu kimia, fisika, biologi. 3 mapel jurusan IPS yaitu geografi, ekonomi, sosiologi. Sementara untuk kelas XI mengujikan 5 mapel PAI, 6 mapel umum, 3 mapel sesuai jurusan ditambah penjaskes, TIK, dan keterampilan grafis.

Sebelum PUB dilaksanakan setiap guru mapel memberikan bank soal setelah pertemuan atau setiap proses belajar mengajar. Sesuai dengan SK dan KD yang diajarkan pada hari itu guru memberikan soal post test tetapi soal tersebut dijadikan soal PUB yang akan datang. Sehingga siswa sudah dapat mempersiapkan matang-matang untuk menghadapi PUB ini.

Bentuk soal yang diujikan pada PUB semuanya soal esay atau uraian yang berjuamlah 5 – 15 soal tergantung tingkat kesulitannya karena waktu yang diberikan untuk mengerjakan hanya 45 menit. Stetapi sebelum itu siswa diberi waktu 20 menit untuk belajar di dalam ruangan. Sampai saat ini bentuk evaluasi belajar ini dirasa lebih efektif di MA Matholi’ul Huda Troso. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Selasa, 08 Mei 2018 10:59

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.