Masuk

Santriwati Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) Putri 1 Mantingan Ngawi menyambangi Kampus MA Matholi’ul Huda

Featured Santriwati Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) Putri 1 Mantingan Ngawi menyambangi Kampus MA Matholi’ul Huda

Troso, MAMHTROSO.com – Serombongan santriwati kelas 6 Kuliyatul Muallimin al-Islamiyah (KMI) Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) Putri 1 Mantingan Ngawi menyambangi Kampus MA Matholi’ul Huda Troso pagi ini, Selasa (8/5/2018). Ini adalah kunjungan yang kesekian kalinya, karena sudah menjadi agenda rutin setiap tahun para satri dari gontor ke MA Matholi’ul Huda Troso. Kunjungan ini sebagai salah satu tujuan study tour yang bertajuk Educational and Economic Study Final Grade Student 2018.

Ustad Asif sebagai pemimpin rombongan membawa sebanyak 85 santriwati, 4 pembimbing, dan 2 ustad senior. Sesampai di Kampus MA Matholi’ul Huda Troso pada pukul 08.00 WIB rombongan disambut hangat oleh Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala madrasah MA Matholi’ul Huda Troso yang juga merupakan alumni dari Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo.

Sebelum melanjutkan perjalanan ke Limo Aplication salah satu wirausaha kerajinan Kain Tenun Ikat Troso, seluruh santriwati berkumpul di Aula madrasah mengikuti acara ramah tamah dengan Kepala Madrasah Aliyah matholi’ul Huda Troso. Dalam acara tersebut Ustad Asif sebagai pemimpin rombongan menyampaikan kata pengantarnya. Beliau mengungkapkan bahwa study tour ini bertujuan untuk mempersiapkan siswi gontor agar memiliki pengetahuan dalam bidang wirausaha ketika nanti terjun di masyarakat. “Dalam pendidikan santriwati memang tidak 100 % sama dengan pendidikan para satri putra Gontor yang disiapkan untuk menjadi kader-kader pemimpin umat, namun santriwati ini disiapkan untuk menjadi pendamping para pemimpin umat”, tandasnya.

Setelah pengantar dari ketua rombongan, kemudian dilanjutkan sambutan dari Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala Madrasah Aliyah matholi’ul Huda Troso. Beliau mengungkapkan sangat senang dan bangga bisa didatangi oleh para santri Gontor setiap tahunnya. Karena berharap keberkahan, karunia, dan energi positif Gontor bisa ikut mengalir di madrasah ini.

Menurutnya tidak semua tanah bisa ditanami dengan Gontor karena setiap lingkungan masyarakat memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Apalagi di pedesaan yang kesadaran pendidikan masih sangat kecil, akan tetapi minimal ruh dari Gontor dan serpihan-serpihannya dapat dilanjutkan oleh para-para santrinya. Di MA Matholi’ul Huda Troso madzhabnya adalah madzhab kegiatan dan pergerakan. Banyak sekali agenda-agenda kegiatan yang dijalankan di MA Matholi’ul Huda Troso, mulai dari intrakurikulernya Muhadlarah, Tata Busana, Tata Boga, gerakan pramuka, sampai kemudian agenda MH Variety Show, Class Meeting, sampai Panggung Gembira. Siswa diajak bergerak agar terlatih memecahkan sebuah masalah (problem solving). “Karena setiap orang pandai, belum tentu dapat berfikir bagaimana menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain”, ungkanya.

Drs. H. Nur Kholis Syam’un juga ingin para santri Gontor ikut mendoakan rencana Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Matholi’ul Huda Troso untuk mempersiap Boarding School. Karena proyek pembangunan gedung 3 lantai yang nantinya membutuhkan biaya milyaran, pengembangannya ini mengandalkan infaq dari para siswa. Seluruh siswa di YPI. Matholi’ul Huda Troso mulai dari KB, MI, MTs., MA, Madin Awaliyah dan Wustho total ada sebanyak 2600-an siswa.

Hampir kurang lebih 30 menit sambutan, Kepala madrasah kemudian membuka sesi tanya jawab dengan para santri. Banyak santri yang bertanya tentang orientasi madrasah ke masyarakat, keorganisasian di madrasah, mata pelajaran apa saja yang diajarkan di madrasah, terakhir tentang cerita inspiratif dari pengalaman pribadi Drs. H. Nur Kholis Syam’un.

Setelah acara ramah tamah selesai sekitar pukul 10.00 WIB, para santri foto bersama dengan para pembimbing, ustad, dan kepala madrasah di halaman. Langsung dilanjutkan menuju ke Limo Aplication Kerajinan Kain Tenun Ikat Troso. Dan Pagi ini bergantian santri putra Gontor yang bertolak ke MA Matholi’ul Huda Troso. Untuk santri putra akan ada banyak acara yang harus dilaksanakan mulai dari perjalanan wirausaha, pertandingan persahabatan di bidang olah raga, dan malam ramah tamah yang diisi dengan penampilan MH Band dan Band dari Gontor nanti malam. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Rabu, 09 Mei 2018 12:41

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.