Masuk

Rihlah Tarbawiyah Iqtishodiyah - Siswa Akhir KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Kunjungi MA Matholi’ul Huda Troso

Featured Rihlah Tarbawiyah Iqtishodiyah - Siswa Akhir KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Kunjungi MA Matholi’ul Huda Troso

Troso, MAMHTROSO.com – Serombongan siswa akhir Kuliyatul Muallimin al-Islamiyah (KMI) Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) Putra 1, Ponorogo Jawa Timur, Rabu pagi kemarin (9/5/2018), menyambangi kampus MA Matholi’ul Huda Troso.

Lihat Galeri Kegiatan - klik tautan ini.

Lawatan ini merupakan agenda rutin tiap akhir tahun pelajaran sebagai bentuk kegiatan kunjungan tentang Pendidikan dan kewirausahaan (Rihlah Tarbawiyah Iqtishodiyah) siswa Akhir menjelang diwisuda. Sebanyak 84 santri periode 1439/2018 dan 4 pembimbingnya yang dipimpin oleh Ustadz Taufiqur Rohman tiba di MA Matholi’ul Huda Troso sebelum subuh.

Pada pukul 07.00 WIB rombongan santri Gontor ini berkumpul di Aula untuk mengikuti acara sambutan dari Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso, Drs. H. Nur Kholis Syam’un yang juga salah satu senior alumni dari Pondok Modern Darussalam Gontor. Usai sambutan seluruh santri dan ustadz kemudian nyambangi berbagai macam jenis wirausaha industri yang ada di Jepara. Diawali dari industri kain tenun ikat Troso Handiqa Jaya, industri Meuble di wilayah Desa Langon, dan terakhir industri rotan di Desa Teluk Wetan Kecamatan Welahan.

Setelah kunjungan dari tiga tempat wirausaha industri tadi rombongan kembali ke Kampus MA Matholi’ul Huda Troso sekitar pukup 15.30 WIB untuk melakoni olah raga dan pertandingan persahabatan dengan siswa MA Matholi’ul Huda Troso di berbagai cabang olah raga. Mulai dari Sepak Bola, Futsal, Bola Basket, Badminton, dan Tenis Meja. Tentu MA Matholi’ul Huda Troso sebagai tuan rumah mengeluarkan siswa terbaiknya di masing-masing bidang olah raga tersebut. Pertandingan Sepak Bola yang diadakan di lapangan Datuk Ampel Troso, Fahris Anwar, dkk. harus menelan kekalahan dengan skor tipis 2-1 dimenangkan oleh kesebelasan Gontor. Untuk pertandingan Bola Basket Siswa Gontor dipaksa takluk dari Tim MA MH Troso. Maulana Malik Ibrahim, dkk. berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 29-19. Sementara untuk cabang yang lain seperti Futsal, Badminton, dan Tenis Meja berhasil dimenangkan oleh siswa MA Matholi’ul Huda Troso. Dari beberapa pertandingan ini tujuannya sebenarnya tidak untuk mencari kalah menang, akan tetapi supaya tumbuh ukhuwah islamiyah antara siswa MA MH Troso dengan siswa atau santri Gontor.

Malam ramah tamah juga digelar untuk menyambut kunjungan siswa akhir KMI Pondok Modern Darussalam Gontor. Acara ramah tamah ini kemudian diisi dengan duel band antara  MH Band, yaitu band siswa MA Matholi’ul Huda Troso dilanjutkan dengan penampilan band dari siswa Gontor. MH Band yang dimotori oleh Ramdhan Kholid membawakan 3 lagu yang berjudul Mauju’ Qolbi, Kembali Bersama, dan shut up and dance. Ketiga lagu itu berturut-turut dinyanyikan oleh Wido Sari, Rhamdan Kholid dan Sumiati. Sementara Band dari siswa Gontor yang sudah terlihat sangat mahir membawakan banyak lagu. Dominan lagu-lagu karya mereka sendiri, dan beberapa lagu dari band-band nasional seperti Sheila on 7, Slank, dll. Acara yang dimulai sekitar pukul 19.30 WIB ini berlangsung selama 2 jam lebih yaitu sampai pukul 22.00 WIB.

Masih pada tujuan yang sama yaitu dalam rangka rihlah tarbawiyah iqtishodiyah atau kunjungan pendidikan dan kewirausahaan. Pagi ini rombongan siswa akhir Gontor juga mengikuti kegiatan kewirausahaan di madrasah tentang bisnis online, dilanjutkan berkunjung ke beberapa industri wirausaha di Jepara lainnya yaitu industri pembuatan rebana di Troso milik Mbah Muhsin dan budidaya ternak lele di Desa Petekeyan dan terakhir mengunjungi wahana air di Jepara Ourland Park (JOP) salah satu wanaha air terbesar di Jawa Tengah. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Jumat, 11 Mei 2018 16:51

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.