Masuk

Siswa MA Matholi’ul Huda Troso Distribusikan Zakat Fitrah Sebanyak 1.320 Bungkus Beras

Featured Siswa MA Matholi’ul Huda Troso Distribusikan Zakat Fitrah Sebanyak 1.320 Bungkus Beras

Troso, MAMHTROSO.com – Panitia Penyaluran Zakat Fitrah dari Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso Pecangan Jepara Periode 2018-2019 salurkan total 1.320 bungkus beras kepada mustahik pagi ini, Selasa (12/6/2018). Dari siswa Madrasah Aliyah dapat mengumpulkan 688 bungkus beras dan dari siswa Madrasah Tsanawiyah dapat mengumpulkan 632 bungkus beras. Penggalangan zakat fitrah ini hanya berjalan kurang lebih 1 minggu setelah siswa melakoni Penilaian Akhir Tahun (PAT) kemarin. Setiap pagi petugas dari OSIS masuk ke kelas-kelas untuk menerima zakat dari siswa.

Siswa dapat menyalurkan zakat fitrahnya dalam bentuk beras sebanyak 2,5 kg atau uang sejumlah Rp 30.000,-. Dari uang tersebut akan dibelikan beras oleh panitia kemudian disalurkan kepada orang-orang yang berhak menerimanya.

Sebelum proses pendistribusian zakat fitrah, Pihak panitia mendata orang-orang yang berhak menerima zakat (mustahik) dari lingkungan sekitar siswa, atau kepada ketua RT, RW, dan tokoh masyarakat yang ada di beberapa desa. Setelah mendapatkan data tersebut maka pada saat hari pendistribusian masing-masing RT tersebut diberikan beras sejumlah yang ada di data. Meskipun memang sebagian besar disalurkan di Desa Troso tetapi beberapa desa di sekitar Desa Troso juga menjadi target sasaran penyaluran, seperti Desa Ngeling, Sowan Lor, Dongos, Pecangaan, Rengging, Karangrandu dan Lebuawu.

Setiap tahunnya penyaluran zakat fitrah ini memang selalu diprogramkan baik dari OSIS maupun dari madrasah. Seluruh siswa baik MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso dihimbau untuk menyalurkan zakat fitrahnya melalui amil zakat di madrasah. Bahkan Kepala Madrasah, Drs. H. Nur Kholis Syam’un mengambil kebijakan hari libur tergantung dengan pencapaian zakat fitrah siswa. Jika sudah dapat mencapai 85-90 % maksimal hari Senin kemarin, maka hari libur dapat dimulai pada H-3 dari hari raya.

Untuk siswa MA Matholi’ul Huda Troso acara pendistribusian zakat fitrah ini berlangsung mulai pagi hingga siang hari. Para siswa yang tergabung dalam panitia penyaluran zakat fitrah semuanya bergerak bersama-sama menyiapkan beras-beras dari pagi. Mulai dari mengambil beras dari agen-agen, kemudian dikemas dengan kantong plastik dengan logo hasil lomba desain logo Class Meeting kemarin, sampai kemudian dengan menggunakan motor berbondong-bondong mengangkat beras ke tempat penyaluran zakat fitrah. Namun untuk panitia zakat fitrah dari MTs. Matholi’ul Huda Troso baru selesai pada pukul 15.00 WIB karena terjadi keterlambatan pengiriman beras dari agen. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Selasa, 12 Juni 2018 19:07

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.