Masuk

Siswa Kelas XII MA Matholi’ul Huda Troso Incredible Generation Menampilkan 22 Mata Acara di Panggung Gembira Tahun 2018

Featured Siswa Kelas XII MA Matholi’ul Huda Troso Incredible Generation Menampilkan 22 Mata Acara di Panggung Gembira Tahun 2018

Troso, MAMHTROSO.com – MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara selenggarakan Panggung Gembira (PG) sebagai acara puncak akhir tahun pelajaran 2017-2018, Sabtu kemarin (30/6/2018). Acara ini berlangsung lebih dari 6 jam, yaitu mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 13.15 WIB. Bertempat di halaman madrasah dengan desain backdrop yang besar nan megah, acara ini menampilkan 22 mata acara yang seluruhnya diisi oleh siswa-siswi Kelas XII angkatan 2018 Incredible Generation. Hal ini bisa dikatakan sebagai persembahan terakhir dari siswa Kelas XII untuk madrasah sebelum mereka lulus untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya.

Lihat galeri kegiatannya – klik tautan ini.

“Panggung Gembira (PG) ini adalah agenda rutin yang dilaksanakan setiap akhir tahun. Sejak pertama kali dilaksanakan yaitu pada tahun 2008, dulu masih sangat sederhana. Akan tetapi kita sangat bersyukur karena semakin tahun semakin berkembang”, ungkap Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso pada saat membuka acara PG Tahun 2018 pagi tadi.

Persiapan acara Panggung Gembira ini cukup panjang. Awal dibentuknya kepanitian pasca Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) pada akhir April 2018 sampai dilaksanakannya Panggung Gembira di akhir Juni 2018 cukup menguras tenaga dan pikiran. Meskipun sepertinya ada waktu persiapan dua bulan akan tetapi waktu efektif latihan hanya satu bulan, karena dibarengi dengan agenda-agenda madrasah yang lainnya, ditambah dengan bertepatan pada bulan puasa. Meskipun berat dalam mempersiapkannya di Panggung Gembira menjadi kenangan tersendiri untuk masing-masing siswa. Bahkan sering terjadi momen dimana setelah selesai acara panggung gembira suasana sedih, tangis, haru karena begitu banyak kenangan susah senang selama 3 tahun di madrasah, dan tidak lama lagi mereka akan berpisah. 

Panggung Gembira ini tidak sekedar acara hura-hura, namun salah satu proses pendidikan karakter siswa. Dalam proses latihannya siswa akan diajarkan management kelompok, kerjasama, kreatifitas, dan yang paling penting membuang sifat egois. “Banyak orang-orang pintar, banyak sarjana-sarjana, akan tetapi di masyarakat tidak berguna karena keegoisannya. Yang terpenting sekarang adalah jadilah manusia yang anfauhum lin nas berguna untuk masyarakat”, ungkap Kepala Madrasah.

Ada sebanyak 22 mata acara yang ditampilkan siswa Kelas XII angkatan 2018 Incredible Generation pada pagelaran PG MA MH Troso Tahun 2018. 22 mata acara tersebut mulai dari Band Pembuka, Rebana, Fashion Show, Pembukaan dari MC, Qiro’atul Qur’an, Sambutan Ketua Panitia, Grand Opening dari Kepala Madrasah, Ludruk Humor, Modern Dance, Tari Melayu, Drama Tragedi, Tari India, Drama Asmara, Tari Bali, Wayang Orang, Tari China, Dialog Massal, Drama Raja Sari Wangi, Tari Jawa, Drama Si Pitung, Tari Koplak, dan terakhir Drama Komedi. Berbeda konsep dengan tahun sebelumnya PG kali ini minim pembawa acara. Setiap tampilan dibuat berkesinambungan dengan backsound dengan durasi kurang lebih satu menit.

Pada pelaksanaan Panggung Gembira kali ini panitia juga menyediakan stand-stand untuk digunakan siswa kelas X dan XI berjualan makanan, minuman ringan. Beberapa siswa dari masing-masing kelas menjajakan makanan hasil olahannya kepada siswa yang memadati halaman madrasah, teras kelas mulai dari lantai satu hingga lantai tiga. Bahkan tidak sedikit juga para alumni yang datang ke madrasah untuk menonton panggung gembira dan ikut membeli makanan hasil olahan siswa. Dari kegiatan ini juga siswa MA Matholi’ul Huda Troso diajarkan berwirausaha. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Minggu, 01 Juli 2018 02:46

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.