Masuk

Setiap Pagi Sebelum Pelajaran Siswa MA MH Troso Laksanakan Sholat Dhuha Berjama’ah

Featured Setiap Pagi Sebelum Pelajaran Siswa MA MH Troso Laksanakan Sholat Dhuha Berjama’ah

Troso, MAMHTROSO.com – Ada pemandangan yang cukup berbeda di Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso pagi ini. Siswa yang biasanya setelah bel berbunyi langsung masuk kelas, mulai pagi ini setelah sampai di madrasah mereka harus berbaris membentuk saf dan siap-siap untuk melaksanakan sholat dhuha berjama’ah.

Setiap pagi sebelum proses belajar mengajar seluruh siswa Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara sebanyak 600-an orang siswa laksanakan sholat dhuha berjama’ah mulai hari ini, Senin (23/7/2018). Sholat dhuha ini dilaksanakan setelah bel masuk kelas dibunyikan yaitu pada pukul 06.50 WIB.

Setelah mengikuti sholat dhuha berjama’ah, siswa kemudian memasuki kelas masing-masing untuk melaksanakan ritual yang lainnya. Ritual pagi sebelum pelajaran diantaranya adalah menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars MH, Asmaul Khusna, Baca Alqur’an, sholawat nariyah dan doa awal pelajaran.

Mengerjakan shalat dhuha memiliki nilai yang sama seperti nilai amalan sedekah. Sedekah yang dimaksud adalah sedekah yang diperlukan oleh 360 persendian tubuh manusia jika ikhlas dalam mengerjakannya. Orang islam yang mengerjakan shalat dhuha akan memperoleh ganjaran pahala sebanyak persendian itu.

Shalat Dhuha yang dilakukan oleh seseorang diawal hari juga menjanjikan tercukupinya rezeki atau kebutuhan seseorang tersebut di akhir hari. Shalat Dhuha merupakan shalat yang dilakukan untuk memohon rizki kepada Allah SWT. Hal tersebut ditunjukan oleh ketentuan waktu pelaksanaan dan tersirat dalam do’a yang dibaca setelah pelaksanaan shalat tersebut.

Orang yang dengan tekun mengerjakan shalat dhuha akan memperoleh ghanimah atau keuntungan yang lebih cepat atas izin Allah SWT. Hal ini terjadi di zaman Rasullullah dimana Rasul membandingkan orang-orang mukmin yang melaksanakan shalat Dhuha dengan mujahid yang berangkat bertempur ke medan perang yang berjarak dekat dengan tampat tinggal mereka lalu kembali lagi dengan cepat ke tempat asalnya dengan membawa ghanimah (rampasan perang) yang banyak dan tentunya kemenangan. Hal ini merupakan motivasi untuk mengerjakan amal ibadah serta usaha untuk bertawakkal kepada Allah SWT. karena manfaat tawakal amatlah besar.

Orang yang selalu bersedia meluangkan waktunya untuk melaksanakan shalat Dhuha 12 rekaat di awal hari akan dijanjikan ganjaran oleh Allah berupa sebuah rumah indah yang terbuat dari emas kelak diakhirat. Dan Shalat Dhuha akan menggugurkan dosa-dosa orang yang rutin melakukan ibadah shalat dhuha meskipun dosanya itu sebanyak buih di lautan.

Dari beberapa keutamaan itu maka seluruh siswa Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso diajak untuk meluangkan waktunya agar terbiasa melaksanakan sholat dhuha baik di madrasah ataupun di lingkungannya masing-masing.  (Syah)

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.