Masuk

Upacara Pengibaran Bendera – Noor Ubaidillah, S.Pd.I. : Barang Siapa yang Sungguh-sungguh Pasti Allah Memberi Jalan

Troso, MAMHTROSO.com – Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Troso selenggarakan Upacara pengibaran Bendera, Sabtu kemarin (11/8/2018).

Upacara pengibaran bendera kali ini pertama kali diselenggarakan setelah masuk tahun pelajaran 2018-2019. Ditugaskan kepada siswa yang nantinya bertugas di upacara pengibaran bendera hari pramuka tanggal 14 Agustus mendatang. Sumiyati sebagai pembawa acara, Tsalsa Dyna Shofwatin sebagai Pembaca Pembukaan UUD 1945, M. Syamsul Maarif sebagai pembaca doa, dan M. Khoirul Amin Syah sebagai ajudan pembina upacara. Sementara untuk pasukan pengibar bendera menggunakan formasi 8 anggota berhasil dengan baik mengibarkan bendera merah putih sampai di puncak tiang bendera. Fima Kurnia Robbi, Wahyu Aji Wijanarko, dan Yunita Hidayah sebagai pengibar bendera tampaknya sudah sangat terbiasa dengan salah satu amanat yang mulia tersebut.

Amanat pembina upacara, Noor Ubaidillah, S.Pd.I. sebelum menyampaikan amanatnya, beliau menilai pelaksanaan upacara perdana di tahun ajaran baru pagi tadi. Beliau mengungkapkan masih sangat kurangnya kesadaran peserta upacara. “Jika biasanya yang masih kurang adalah petugasnya, namun kali ini yang masih sangat tidak memenuhi standar adalah peserta upacaranya”, ungkap beliau. Maka untuk itu beliau menghimbau kepada seluruh siswa agar pada upacara-upacara berikutnya lebih khidmat, disiplin dan tertib.

Pada amanatnya beliau menyampaikan tentang kesungguhan. Berawal dari kata-kata yang disampaikan oleh Imam Abu Toyyib Kitab Taklim Mutaalim, “Sungguh naif orang yang mampu berusaha tetapi tidak melakukan secara optimal”.

Dari kalimat tersebut Noor Ubaidillah menegaskan agar anak-anak ketika mengikuti proses pendidikan di madrasah, baik sifatnya di dalam kelas maupun di luar kelas agar bersungguh-sungguh dan tidak mudah putus asa. Karena setiap anak pasti punya potensi yang dianugrahkan oleh Allah SWT. Dan dari potensi itulah anak-anak harus menggali sedalam-dalamnya agar nantinya dapat bermanfaat di kehidupan baik dunia maupun akhirat.

Mengutip salah satu ayat dari Surat Al Ankabut : 70

وَالَّذِيْنَ جَاهَدُوْا فِيْنَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا ‌ؕ وَاِنَّ اللّٰهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِيْنَ

Dan bagi orang-orang yang berjuang untuk Kami, sesungguhnya Kami akan memberi petunjuk kepada mereka pada jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang berbuat kebaikan”.

“Maka tidak ada kata menyerah. Siapa saja yang sungguh-sungguh belajar maka akan pintar, siapa yang sungguh-sungguh berlatih maka akan bisa, dan siapa saja yang sungguh-sungguh berbuat baik pasti mendapatkan kebaikan”, pungkasnya.  (Syah)

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.