Masuk

40 Lebih Siswa MA MH Troso Bertugas di Upacara Hari Pramuka Ke-57 Kecamatan Pecangaan Jepara

Featured 40 Lebih Siswa MA MH Troso Bertugas di Upacara Hari Pramuka Ke-57 Kecamatan Pecangaan Jepara

Krasak, MAMHTROSO.com – Pada peringatan hari pramuka ke-57 tahun ini, Kwartir Ranting (Kwarran) Pecangaan menggelar upacara di lapangan SDN 3 Krasak, Jepara, Selasa kemarin (14/8/2018). Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Ka Mabiran) Pecangaan yang diwakili oleh Kapolsek Pecangaan AKP Bajuri bertindak sebagai inspektur upacara. Sementara Edi Puspodo, SH. MH. camat Pecangaan (Ka Mabiran) tidak bisa menghadiri upacara karena sedang sakit. 

Galeri kegiatan klick disini.

Upacara diikuti oleh ratusan anggota pramuka perutusan dari SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK se-Kwarran Pecangaan. Selain itu, acara tahunan ini juga dihadiri oleh sejumlah anggota Mabiran, Ka Kwarran, sejumlah Pengawas dari UPT Pecangaan, serta Ka Mabigus dan pembina perutusan dari gugus depan tingkat SD hingga SMA di wilayah Kwarran Pecangaan.

AKP Bajuri, saat membacakan sambutan Ka Mabinas menyampaikan tentang Gerakan Pramuka Perekat NKRI, sebagai tema yang diusung dalam hari pramuka ke-57 tahun 2018 ini.

“Gerakan Pramuka menjadi "rumah kita bersama", dan itulah harapan bangsa ini kepada Gerakan Pramuka. Sekat-sekat kamar telah diisi oleh partai politik, dan kamar lainnya mungkin telah diisi oleh suku-suku yang ada di Indonesia dan golongan atau kelompok lainnya. Untuk itulah, Hari Pramuka ke-57 sekarang ini kita mengangkat tema “Pramuka Perekat NKRI”. Tentu yang dapat  mempersatukan bangsa ini adalah negarawan yang menjadi pemimpin yang amanah. Hal ini menegaskan bahwa Gerakan Pramuka tetap konsisten dan fokus untuk mendidik karakter kaum muda Indonesia untuk bersatu menjaga persatuan dan kesatuan demi utuhnya NKRI.

Pada upacara kali ini, MA Matholi’ul Huda Troso dipercaya menjadi petugas pengibar bendera. Sebanyak 40 siswa lebih ditugaskan, meliputi 3 pembawa acara, pembaca doa dan perwira upacara, 8 orang pasukan utama pengibar bendera, 18 orang pasukan pengapit, 6 petugas pemimpin upacara dan pemimpin barisan, 4 petugas pengucap pancasila, pembukaan UUD 1945, Dasa Darma, dan Dwi Darma. Mereka juga nantinya yang bertugas pada upacara peringatan HUT RI ke-73 di tingkat Kecamatan Pecangaan, ditambah dengan pasukan 45.

Sementara itu, kelompok paduan suara dari SMP 2 Pecangaan didapuk menyanyikan lagu himne pramuka dan lagu-lagu nasional kebangsaan selama upacara berlangsung. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Kamis, 16 Agustus 2018 14:06

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.