Masuk

76 Siswa Paskibaraka MA MH Troso Tampil Apik di Upacara Peringatan HUT RI ke-73 Tahun 2018 Kecamatan Pecangaan

Featured 76 Siswa Paskibaraka MA MH Troso Tampil Apik di Upacara Peringatan HUT RI ke-73 Tahun 2018 Kecamatan Pecangaan

Troso, MAMHTROSO.com – MA Matholi’ul Huda Troso Jepara menjadi petugas pengibar bendera pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kecamatan Pecangaan, kemarin (17/8/2018).

Lihat Galerinya - Upacara Pengibaran Bendera ----- Upacara Penurunan Bendera 

Sebanyak 76 orang siswa tergabung dalam Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra). Mereka terbagi menjadi tim pembawa dan pengerek bendera yang berjumlah 8 orang, tim pengiring sebanyak 17 orang, serta 45 orang lainnya menjadi pengawal. Selain Paskibra, MAMH Troso juga mengirimkan korps Marching Band untuk memeriahkan upacara yang berlangsung di lapangan SDN 3 Krasak, Pecangaan itu.

Bertepatan pada Hari Jum’at sehingga pelaksanaan upacara peringatan kemerdekaan Indonesia ini dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB. Sedikitnya ribuan peserta dan sejumlah tamu undangan terlihat mengikuti jalannya upacara dengan khidmat.

Sebelum pengibaran bendera berlangsung, Paskibra yang dikomandani oleh Adi Setiawan salah satu siswa Kelas XII IPA-3 itu melakakukan prosesi penyerahan bendera pusaka di depan kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Disdikpora Kecamatan Pecangaan. Dewi Ayu Safitri didaulat sebagai pembawa baki dan menerima bendera dari Kapolsek Pecangaan AKP Bajuri.

Saat prosesi pengibaran bendera, Fima Kurnia Robbi bertugas mengerek tali, Wahyu Aji Saputro sebagai pembentang bendera, dan Yunita Hidayah sebagai pembawa bendera.

Di sore harinya, upacara penurunan bendera diikuti oleh sedikit peserta dan berlangsung lebih singkat. Meski demikian, upacara tetap berjalan khidmat.

Upacara dimulai sekitar pukul 16.00 WIB dan didahului dengan aubade oleh kelompok paduan suara PGRI Pecangaan. Bertindak sebagai inspektur upacara Danramil 04/Pecangaan Kapten Inf Mashudi. Upacara peringatan HUT RI diakhiri dengan penyerahan bendera pusaka kepada Kapolsek Pecangaan, untuk selanjutnya disimpan kembali.

Persiapan Yang Singkat

Berbagai persiapan upacara tingkat kecamatan pecangaan mulai dari Upacara Pengibaran Bendera Hari Pramuka dan Upacara Pengibaran Bendera menyambut peringatan HUT RI tahun ini sangat singkat dilakukan M AMH Troso. Menurut Sunaryo anggota Koramil 04/Pecangaan salah satu pelatih paskibra MA MH Troso mengungkapkan kalau di sekolah lain di tahun-tahun sebelumnya memulai latihan pada tanggal 1 Agustus, namun kali ini Paskibraka Kecamatan Pecangaan dari MA MH Troso baru mulai latihan pada tanggal 9 Agustus. Praktis latihan efektif kurang dari 1 minggu. Hal ini disebabkan sebagian dari siswa yang mengikuti paskibraka ini mengukuti kegiatan lomba kepramukaan penegak se-Jawa Tengah mulai pada tanggal 1 – 5 Agustus 2018.

Tepat pada tanggal 8 Agustus 2018 Pengurus Harian OSIS dan Dewan Ambalan memilih nama-nama siswa yang dipilih menjadi calon petugas upacara Hari Pramuka ke-57 dan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia ke-73. Ada sekitar 80 lebih nama siswa dicatat, dan dipanggil untuk mengikuti tahap seleksi. Dari proses itu 76 siswa yang tergabung dalam pasukan 17, pasukan 8, dan pasukan 45, lengkap beserta officialnya.

Dengan waktu yang singkat seluruh anggota paskibraka latihan secara rutin setiap pagi. Dengan pertimbangan sorenya semua anggota bisa istirahat di rumah. 5 hari mulai dari Kamis – Senin fokus pada latihan petugas upacara peringatan Hari Pramuka dan 3 hari Selasa – Kamis fokus pada latihan paskibraka upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73. Dengan kerjasama antara anggota, pelatih, dan official semuanya dapat berjalan dengan baik. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Minggu, 19 Agustus 2018 08:33

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.