Masuk

Intrakurikuler Pramuka – Ambalan Setiabudi dan Fatmawati Start Laksanakan Latihan Rutin untuk Seluruh Siswa

Featured Intrakurikuler Pramuka – Ambalan Setiabudi dan Fatmawati Start Laksanakan Latihan Rutin untuk Seluruh Siswa

Troso, MAMHTROSO.com – Setelah memasuki tahun pelajaran 2018-2019 Kegiatan Intrakurikuler Pramuka di MA Matholi’ul Huda Troso mulai dilaksanakan kembali kemarin, Selasa (28/8/2018).

Kegiatan kepramukaan yang sering dianggap sebagai kegiatan ekstrakurikuler memang sudah sejak lama dijadikan kegiatan intrakurikuler di MA Matholi’ul Huda Troso. Sehingga tidak hanya beberapa siswa yang mengikuti tetapi seluruh siswa dapat mengikuti kegiatan kepramukaan ini. Hal ini karena sesuai dengan AD dan ART Gerakan Pramuka mempunyai tujuan untuk membentuk kader bangsa dan sekaligus kader pembangunan yang beriman dan bertaqwa serta berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemudian untuk membentuk sikap dan perilaku yang positif, menguasai keterampilan dan kecakapan serta memiliki kecerdasan emosional sehingga dapat menjadi manusia yang  berkepribadian Indonesia, yang percaya kepada kemampuan sendiri, sanggup dan mampu membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan masyarakat, bangsa, dan negara.

Intrakurikuler pramuka di MA Matholi’ul Huda Troso dilaksanakan setiap hari Selasa pada jam pelajaran ke-7 dan ke-8 yaitu sekitar pukul 12.45 WIB setelah sholat dzuhur berjama’ah. Beberapa kegiatan dilaksanakan di dalam ruangan, tetapi juga sering di luar ruangan. Sebanyak 562 orang siswa terbagi menjadi 17 kelompok pramuka sebagaimana kelompok muhadlarah yaitu 10 kelompok putri dan 7 kelompok putra.

Setiap kelompok terdapat 1 guru pembimbing, dan didampingi oleh 6 sampai 7 anggota Dewan Ambalan siswa dari Kelas XII. Dewan Ambalan sebagai fasilitator yang bertanggung jawab menyampaikan materi kepada seluruh anggota satu kelompoknya. Sedangkan guru pembimbing bertanggung jawab dalam pengkondisian siswa dan menilai jalannya kegiatan.

Pengurus Dewan Ambalan Setiabudi-Fatmawati untuk tahun ini jumlahnya lebih banyak dari tahun sebelumnya, yaitu sebanyak 104 anggota. Hal ini agar dalam proses latihan rutin dengan anggota semakin banyak yang bertanggung jawab dan dapat berjalan lebih baik. Mereka juga harus mengikuti sesi latihan dengan pembina pada hari Senin untuk mempersiapkan materi kepramukaan untuk hari Selasa.

Untuk latihan pertama kemarin, sebagai pemanasan materi yang disampaikan adalah yel-yel dilanjutkan dengan outbond. Yel-yel ini nantinya akan dilaksanakan setiap memulai latihan rutin. Kemudian outbond kemarin yang dilaksanakan ada 2 jenis permainan, yaitu makan krupuk dan voli air. Keseruan dalam kepramukaan di MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara ini akan terus berlanjut, karena sesuai semboyannya Scouting is Fun. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Rabu, 29 Agustus 2018 12:36

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.