Masuk

Mengangkat Tema “Show of Mobile Legend”, Kelas XII IPA-3 Berhasil Menjuarai Lomba Dekorasi Kelas dan 5K Tahun 2018

Featured Mengangkat Tema “Show of Mobile Legend”, Kelas XII IPA-3 Berhasil Menjuarai Lomba Dekorasi Kelas dan 5K Tahun 2018

Troso, MAMHTROSO.com – Sebagai salah satu tradisi di MA Matholi’ul Huda Troso setiap awal tahun pelajaran baru, yaitu adanya Lomba Dekorasi Kelas dan 5 K. Lomba ini diikuti oleh seluruh kelas mulai dari Kelas X hingga Kelas XII yang semuanya berjumlah 17 kelas. Setiap kelas berlomba-lomba untuk menghias kelasnya agar terlihat bersih, lengkap, indah, artistik, dan mengagumkan.

Lihat galeri penyerahan hadiah Lomba Dekorasi Kelas dan K5 - klik 

Lomba yang dilaksanakan setiap awal tahun pelajaran baru ini sudah berlangsung sejak awal berdirinya madrasah tahun 2003 hingga sekarang. Tujuannya tentu saja adalah untuk menampung kreatifitas siswa dalam mendesain, menggambar, dan melukis kelasnya. Dari tahun ke tahun terus berkembang yang semula hanya menggunakan bahan kertas berwarna (asturo), kemudian styrofoam, dan kini dominan menggunakan cat.  

Setiap kelas diberikan waktu selama kurang lebih satu bulan mulai dari akhir Juli 2018 hingga minggu kedua bulan September 2018. Setiap kelas menghias, melukis, memberikan aksen-aksen yang mendukung dari tema yang diangkat. Dan akhirnya pihak madrasah memutuskan untuk memulai penjurian pada Hari Rabu, 12 September 2018 pada sore hari.

Ada sebanyak 7 juri yang ditugaskan untuk menentukan kelas terbaik tahun ini dan semuanya tidak termasuk dari wali kelas. Hal ini dimaksudkan agar penilaian dapat berjalan objektif. Selain itu juga kriteria penilaian dirancang menjadi beberapa kategori. Mulai dari poin tertingginya adalah ekplorasi tema dan tingkat kesulitan, kemudian estetika, kebersihan, dan perlengkapan.

Yang berbeda pada Lomba Dekorasi Kelas dan 5 K tahun ini adalah semangat anak-anak kelas IPS untuk menjadi kelas terbaik sangatlah tinggi. Jika biasanya kelas-kelas jurusan IPS tidak terlalalu mendominasi, namun kali ini mereka cukup membuat kagum para juri yang menilai. Totalitas dalam karyanya dicurahkan dengan maksimal.

Sabtu pagi tadi, bersamaan dengan Acara Peringatan Tahun Baru Hijriyah 1440 H., hasil dari Lomba Dekorasi Kelas dan 5K diumumkan langsung oleh Kepala Madrasah, Drs. H. Nur Kholis Syam’un. Dengan tema “Show of Mobile Legend”, Kelas XII IPA-3 berhasil menjadi Juara Pertama, sementara untuk Juara 2 dan 3 masing-masing diraih oleh Kelas XII IPA-1 dengan tema “Negeri Salju”, dan Kelas XI IPS-1 dengan Tema Pesona Air Terjun.

Adi Setiawan sebagai ketua Kelas XII IPA-3, mengungkapkan rasa syukurnya yang luar biasa atas pencapaian ini. Karena perjuangan dan pengorbanannya selama ini ternyata tidak sia-sia. Dia juga menceritakan tentang tema yang diangkat pada lomba ini, yaitu dari game online yang sekarang digandrungi oleh remaja “Mobile Legend”. Fima Kurnia Robbi sebagai konseptor sebelum menuangkan idenya di dinding-dinding kelas mendesain dulu di komputer melalui aplikasi Corel Draw. Setelah diperlihatkan dan disetujui oleh teman-temannya, semuanya bergerak untuk merealisasikan desain tersebut dengan detail di setiap itemnya. Dan detail inilah yang rata-rata tidak ditemukan di kelas-kelas yang lain.  

Juara kedua yaitu Kelas XII IPA-1, dengan tema “Negeri Salju”. Dengan detail hiasan dindingnya ternyata berhasil menempatkan mereka di urutan kedua. Ratusan bintang dilukis di atas dinding-dinding bahkan di langit-langit juga tidak luput dihias. Lukisan gunung salju, kastil-kastil, dan rumah-rumah di kutub menjadi gambar dominan di bagian dinding belakangnya. Juara ketiga ternyata berhasil diraih oleh kelas XI IPS-1 dengan tema “Pesona Air Terjun”. Lukisan yang indah dan nampak nyata mendominasi semua sisi dinding kelas ini. Kelas ini memiliki kesan menyatu dengan alam yaitu dengan gambar sejuknya air terjun, pohon-pohon cemara, dan burung-burung.

Tidak tanggung-tanggung, untuk menghargai jerih payah siswa dalam lomba ini pihak madrasah mengeluarkan total hadiah sebanyak Rp 12.250.000,-. Untuk Juara 1 mendapat hadiah uang pembinaan sebesar Rp 1.400.000,-, Juara 2 mendapatkan Rp 1.300.000,-, dan Juara ketiga mendapatkan Rp 1.200.000,-. Berurutan sampai peringkat terakhir yaitu nomor urut 17 masih mendapat hadian sebesar Rp 300.000,-. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Minggu, 16 September 2018 11:58

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.