Masuk

Pekan Ulangan Bersama (PUB) Ke-1 Semester Gasal TP. 2018-2019 Sedang Berlangsung

Featured Pekan Ulangan Bersama (PUB) Ke-1 Semester Gasal TP. 2018-2019 Sedang Berlangsung

Troso, MAMHTROSO.com – Untuk kali pertama pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2018-2019 Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso adakan Pekan Ulangan Bersama (PUB) mulai hari ini, Rabu kemarin  (19/9/2018). Dan rencananya akan dilaksanakan selama 4 hari ke depan sampai Hari Ahad besok (23/9/2018).

Diikuti oleh seluruh siswa MA Matholi’ul Huda Troso yaitu sebanyak 165 orang siswa Kelas X baik jurusan MIA maupun IIS, 217 orang siswa Kelas XI, dan 208 orang siswa Kelas XII. Total peserta PUB ke-2 Semester Gasal kali ini mencapai 590 orang siswa yang terbagi menjadi 17 ruangan.

Pekan Ulangan Bersama ini adalah salah satu bentuk evaluasi hasil belajar peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaan sebanyak satu atau dua Kompetensi Dasar (KD). Bentuk evaluasi pembelajaran ini seperti halnya ulangan harian akan tetapi terorganisir secara sentral dari madrasah dan dilaksanakan dengan bersamaan sesuai dengan jadwal yang dibuat oleh panitia.

Peserta PUB juga menempati ruangan yang telah disiapkan denah tempat duduk sistem silang dengan kelas yang lain sebagaimana ulangan akhir semester. Cuma perbedaannya adalah soal yang diujikan kepada siswa adalah dari guru yang mengajarnya sendiri. Sehingga soal-soal yang diujikan lebih tepat sasaran sesuai dengan KD yang diajarkan. Soal yang diujikan dalam PUB berjumlah 5 – 15 buah yang semuanya berbentuk uraian dengan durasi waktu mengerjakan sekitar 40 - 50 menit.

Di MA Matholi’ul Huda Troso PUB ini adalah pengganti dari evaluasi konvensional Ulangan Tengah Semester (UTS). PUB sudah sejak lama diadakan di MA Matholi’ul Huda Troso dengan berbagai format dan teknis telah dievaluasi agar dapat berjalan dengan efektif. PUB ini ditetapkan sebagai agenda rutin madrasah dua kali dalam satu semester dengan meniadakan Ulangan Tengah Semester. Meskipun begitu MA MH Troso tetap mengikuti Ulangan Akhir Semester (UAS) dan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) dari Kelompok Kerja Madrasah Aliyah (KKMA) dan Kemenag.

Ada sebanyak 16 Mata Pelajaran yang diujikan kepada setiap jurusan dalam PUB kali ini. Mapel Umum yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sejarah, dan PKn. Jurusan IPA yaitu Biologi, Kimia, Fisika, Lintas Minat Sosiologi, Lintas Minat Geografi, dan Matematika Peminatan. Jurusan IPS yaitu Ekonomi, Sosiologi, Geografi, Lintas Minat Biologi, Lintas Minat Kimia, dan Sejarah Peminatan. Sedangkan untuk Kelas XI dan XII ditambah dengan Keterampilan Grafis, Penjaskes, dan TIK. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Selasa, 27 November 2018 10:47

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.