Masuk

MA dan MTs. MH Troso Pecangaan Jepara Adakan Apel Pagi Pasca Libur Semester Gasal TP. 2018-2019

Featured MA dan MTs. MH Troso Pecangaan Jepara Adakan Apel Pagi Pasca Libur Semester Gasal TP. 2018-2019

Troso, MAMHTROSO.com - Pasca libur panjang semester gasal tahun pelajaran 2018-2019 Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara adakan morning briefing, Kamis (3/1/2019) kemarin. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh civitas akademika MTs. Dan MA Matholi’ul Huda Troso yang kurang lebih ada sebanyak 1.200-an orang siswa dan 50-an Dewan Guru.

Morning briefing atau yang disebut apel pagi ini adalah salah satu bentuk sarana komunikasi kepala madrasah langsung bertatap muka kepada suluruh siswa-siswinya yang dilaksanakan pada pagi hari sebelum proses pembelajaran dimulai. Bentuk komunikasi yang dilaksanakan secara kondisional ini biasanya untuk menyampaikan motivasi kehidupan dan informasi kemadrasahan.

Pada kesempatan kali ini Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara pertama kali mengajak seluruh siswa untuk berdoa. Pertama, mendoakan para guru dan orang tua agar selalu diberikan kesehatan, dimudahkan urusannya dan rizki yang melimpah. Kedua, mendoakan program madrasah termasuk infrastruktur pembangungan madrasah gedung 3 lantai. Dan ketiga, mendokan kementerian agama agar semakin baik dan maju, karena pada hari tersebut bertepatan dengan Hari Amal Bakti ke-73 Kementerian Agama.

مَنْ خَرَجَ فِى طَلَبِ اْلعِلْمِ فَهُوَ فِى سَبِيْلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِعَ

Artinya : barang siapa yang keluar rumah untuk mencari ilmu maka ia ada di jalan Allah hingga ia kembali

Kepala Madrasah menyampaikan bahwa berdasarkan hadits tersebut jika ada seorang siswa yang dari rumah niatnya benar-benar untuk mencari ilmu maka setiap langkah keluar dari rumah sampai di madrasah hingga pulang kembali ke rumah adalah termasuk di jalan Allah. Bahkan jika pada saat perjalanan tersebut dia mengalami kecelakaan dan meninggal, dia termasuk mati dalam keadaan syahid.

Akan tetapi niat seorang siswa pergi ke sekolah di zaman sekarang kebanyakan diniatkan hanya untuk tujuan remeh. Rata-rata hanya untuk mendapatkan ijazah, nilai tinggi, dan pekerjaan yang baik. Padahal tujuan utama siswa pergi sekolah sebetulnya adalah untuk meningkatkan derajatnya agar menjadi manusia-manusia yang mulia dan bermanfaat di masyarakat.

Selanjutnya Kepala Madrasah menyampaikan agenda hari pertama masuk sekolah. Selain melakukan ritual pagi mulai dari sholat dhuha berjama’ah, membaca AL Qur’an, Istighosah, dll. pada pagi itu juga diagendakan untuk pembagian Lembar Kerja Siswa (LKS). Akan tetapi beliau menegaskan bahwa hanya siswa yang sudah lunas akan diberikan LKS tersebut. Pihak madrasah akan semakin tegas dengan pembayaran administrasi siswa yang selama ini kurang diperhatikan oleh siswa maupun orang tua siswa.   

Selain itu berkaitan dengan Morning Fun, Kepala Madrasah akan mengupayakan tetap diadakan selama semester genap. Mengingat pada tahun-tahun sebelumnya memang kegiatan ini di semester genap mengalami kemandekan karena berbagai sebab. Baik karena cuaca hujan atau terbentur dengan kegiatan-kegiatan madrasah yang lain, seperti simulasi ujian, dll.

Kemudian Pekan Ulangan Bersama (PUB) pertama semester genap tahun pelajaran 2018-2019 rencananya akan diselenggarakan pada pertengahan Februari. Dan biasanya akan diikuti dengan diselenggarakannya Emha Variety Show (EVS) untuk kelas XI MIA dan kelas X pada awal Bulan Maret 2019.

Terkait dengan persiapan Ujian Kelas XII, maka seperti biasanya akan ada perubahan jadwal di semester Genap ini. Mata pelajaran yang akan diujikan akan lebih diprioritaskan dan menghilangkan beberapa pelajaran muatan lokal. Karena biasanya serangkain Ujian Kelas XII akan dimulai pada Bulan Maret dan dilanjutkan Ujian Nasional yang dilaksanakan pada Bulan April 2019.

Usai apel pagi dari Kepala Madrasah, acara dilanjutkan dengan penyerahan tropi kejuaraan siswa MTs. Matholi’ul Huda Troso pada ajang Wijaya Scout Cellenge (WSC) Lomba Pramuka tingkat penggalang tingkat Jawa Tengah di UNNES Semarang dan Lomba Lintas Medan Penggalang (LLMP) di SMA Islam Jepara. Meskipun Kontingen MTs. Matholi’ul Huda Troso dari Kelas VIII dan IX mendapatkan hasil kurang maksimal di WSC UNNES Semarang. Namun Kontingen MTs. Matholi’ul Huda Troso yang beranggotakan Kelas VII dan VIII berhasil menjadi juara umum baik putra maupun putri di LLMP ke-9 di SMA Islam Jepara dengan berhasil membawa pulang 12 tropy kejuaraan. (Syah)

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.