Masuk

Koperasi Karyawan (KOPKAR) Matholi'ul Huda Troso Tutup Buku Tahun 2018 dengan Aset Mencapai 1,8 Milyar

Featured Koperasi Karyawan (KOPKAR) Matholi'ul Huda Troso Tutup Buku Tahun 2018 dengan Aset Mencapai 1,8 Milyar

Troso, MAMHTROSO.com - Koperasi Karyawan Yayasan Matholi’ul Huda Troso adakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) kemarin, Jum’at (25/1/2019). Acara ini dilaksanakan di Aula MA Matholi’ul Huda Troso pada pukul 08.00 WIB. Dihadiri oleh seluruh anggota dari semua unit mulai dari Madrasah Aliyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Ibtidaiyah, Raudlatul Athfal, dan Madrasah Diniyah kurang lebih sekitar 148 orang.

Pelaksanaan RAT ini lebih awal dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika biasanya dilaksanakan pada Bulan Februari bahkan Maret. Akan tetapi kali ini dilaksanakan di Bulan Januari. Hal tersebut tanpa alasan apapun, karena pada prinsipnya lebih cepat lebih baik.

Lihat galeri kegiatannya - klik

Rapat Anggota Tahunan ini memang salah satu program kerja dari Koperasi Karyawan Yayasan Matholi’ul Huda Troso yang biasanya dilaksanakan pada awal tahun. Sebelum acara inti dimulai diadakan tahlilan yang dipimpin oleh H. Musthofa Kamal dan barokah doa dipimpin oleh KH. Ali Ahsan.

Dalam rapat ini disampaikan Laporan Pertanggung Jawaban perjalanan koperasi dalam satu tahun, pembahasan program kerja satu tahun ke depan, dan pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU). Acara inti laporan pertanggung-jawaban pengurus koperasi dipimpin langsung oleh Bpk. Fadloli, S.Pd.I., Ketua Koperasi Karyawan Yayasan Matholi’ul Huda Troso. Terkait keanggotaan pada tahun 2018 ada 14 anggota baru yang masuk, dan ada 7 anggota yang keluar. Sementara untuk volume kredit anggota mengalami peningkatan 5,1 % yang semula pada tahun 2017 jumlahnya sekitar Rp 1.580.400.000,-, pada tahun 2018 jumlahnya meningkat menjadi Rp 1.661.000.000,-. Dan total Kas pada tahun 2018 kemarin pemasukan sebesar Rp 1.947.760.865,- dengan total pengeluaran sebesar Rp 1.915.528.400,-.

Acara dilanjutkan dengan laporan hasil pemeriksaan pengawas Kopkar Yayasan Matholi’ul Huda Troso oleh Drs. H. Nur Kholis Syam’un. Secara umum beliau sangat mengapresiasi jalannya Kopkar ini, karena dapat memberkahi anggota-anggotanya dengan kemudahan meminjam kredit yang sangat luar biasa. Jika di koperasi-koperasi lainnya banyak sekali syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mengambil kredit, akan tetapi di Kopkar Matholi'ul Huda Troso tanpa syarat apapun yang penting disiplin dalam pembayaran tiap bulannya. "Bagi anggota yang tidak disiplin mengangsur berarti melakukan kedzaliman, berdosa besar karena mengganggu kelancaran", tegasnya. Kedepannya beliau juga berharap koperasi karyawan Matholi'ul Huda Troso dapat menciptakan usaha-usaha lain selain pinjam meminjam. 

Sementara untuk pembagian doorprize dilaksanakan sebelum acara selesai. Ada lebih dari 200 jenis doorprize sembako seperti deterjen, gula, mie instan, kecap, sirup, kopi, susu, dll ditambah dengan uang transport bagi anggota yang tidak hadir. Meskipun hanya sembako tetapi tujuannya adalah supaya seluruh anggota yang hadir pada RAT ini mendapatkan door prize. Bahkan ada yang mendapatkan doorprize ini lebih dari 1 jenis. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Selasa, 29 Januari 2019 09:46

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.