Masuk

Upacara Pengibaran Bendera - Fathur Rokhim, S.Pd. : Beribadahlah Tidak Hanya dengan Fisik, Tetapi Resapi dengan Hati

Featured Upacara Pengibaran Bendera - Fathur Rokhim, S.Pd. : Beribadahlah Tidak Hanya dengan Fisik, Tetapi Resapi dengan Hati

Troso, MAMHTROSO.com – Madrasah Aliyah dan Tsanawiyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara rutin adakan Upacara pengibaran bendera Merah Putih, Sabtu (16/3/2019).

Pada upacara kali ini ditugaskan kepada perwakilan siswa Kelas XI sebagaimana di upacara sebelumnya. Dengan dipimpin oleh Eva Elviana Novita Sari (XI MIA-1), dkk. Seluruh civitas akademika MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso turut menjadi peserta upacaranya yang berjumlah kurang lebih sekitar 1.200-an orang siswa dan 50-an dari dewan guru.

Fathur Rokhim, S.Pd. salah satu guru pengampu mata pelajaran Fisika di MA Matholi’ul Huda Troso kali ini berkesempatan untuk menjadi pembina upacara. Beliau menyampaikan tentang efek ibadah dengan akhlak.

Pertama beliau mengutip salah satu ayah dari Surat Adz-Dzariyat : 56 yang berbunyi :

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Dari ayat tersebut sudah jelas bahwa kewajiban manusia dan jin diciptakan oleh Allah di bumi adalah untuk ibadah. Lebih kompleknya adalah manusia harus khidmat kepada sang pencipta yaitu Allah SWT.

Menurutnya sudah menjadi hal yang bersifat rutin ketika seorang siswa melaksanakan ibadah-ibadah, baik yang mahdzoh maupun yang ghoiru mahdzoh. Akan tetapi ternyata ibadah-ibadah ini kebanyakan dilaksanakan hanya dari segi fisiknya, belum sampai menyentuh ke hati.

Seperti contoh ketika siswa sholat dhuha, melafalkan sholawat nariyah, berdoa, tahlil, dll. Jangan sampai hanya lahiriyahnya saja yang melakukan ibadah, tapi harus diresapi dengan hati. Ketika ini sudah berhasil diamalkan pasti akan berpengaruh kepada akhlak. Sebaliknya jika seseorang meskipun rutin beribadah akan tetapi hanya fisiknya saja, maka biasanya tidak ada efeknya kepada akhlak dan perilakunya.

“Kesimpulannya, ayo kita semua mulai dari sekarang lebih rajin beribadah kepada Allah, tidak hanya dari fisiknya saja, tetapi lebih kepada hati kita”, pungkasnya. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Sabtu, 16 Maret 2019 14:10

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.