Masuk

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun 2019, Siswa Kelas X dan XI Tetap Masuk Pelajaran

Featured Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun 2019, Siswa Kelas X dan XI Tetap Masuk Pelajaran

Troso, MAMHTROSO.com - Sebanyak 204 siswa Madrasah Aliyah (MA) Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), mulai Senin kemarin (1/4/2019) hingga Senin depan (8/4/2019).

UNBK di MA Matholi’ul Huda Troso dilaksanakan dalam dua sesi. Sebab, rasio perangkat komputer dan jumlah siswa belum sama. Ada 3 ruang laboratorium komputer yang digunakan. Masing-masing ruangan dapat menampung 40 peserta ujian. Dengan jumlah peserta yang mencapai 204 orang sehingga ruang pertama akan digunakan UNBK 2 sesi.

Hampir tidak ada perubahan yang besar jika dibandingkan dengan UBNK dari tahun-tahun sebelumnya. UNBK kali ini juga menguji mata pelajaran Bahasa Indonesia di hari pertamanya, hari kedua Matematika, ketiga Bahasa Inggris, dan terakhir mata pelajaran pilihan siswa sesuai dengan jurusan masing-masing. Tetapi di MA Matholi’ul Huda Troso mata pelajaran pilihan ini sudah ditentukan secara kolektif. Yaitu untuk kelas program IPA akan mengujikan mata pelajaran Biologi dan program IPS akan mengujikan mata pelajaran Sosiologi.

MA Matholi’ul Huda Troso sudah tercatat 3 kali ini mengadakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Maka sebagian besar siswa sudah tidak ada rasa gugup dan panik ketika ada kendala-kendala yang tidak diinginkan ketika proses mengerjakan soal-soal UNBK. Meskipun pada hari pertama, dan kedua kemarin beberapa kendala, listrik sempat mati beberapa menit, tetapi ini tidak menjadi sebuah permasalahan yang berarti.

Meskipun pelaksanaan UNBK kali ini dilaksanakan 2 sesi, lantas tidak kemudian siswa yang mendapat sesi kedua berangkat lebih siang. Akan tetapi semua siswa tetap masuk sebagaimana biasa pada pukul 06.50 WIB. Bersamaan dengan siswa Kelas X dan Kelas XI yang masuk untuk proses belajar mengajar. Hal tersebut menurut Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso pelaksanaan Ujian Nasional yang sudah berbasis komputer semua pelaksanaannya di Ruang Laboratorium Komputer tidak menggunakan satupun ruang kelas. Maka tidak ada dampak sama sekali kepada siswa Kelas X dan XI, dengan itu tidak ada alasan untuk meliburkan siswa-siswinya.

Dan seperti biasa seluruh siswa melaksanakan ritual rutin setiap paginya, mulai dari sholat dhuha berjama’ah, asmaul husna, membaca Al qur’an, dll. Untuk peserta UNBK yang mendapat jadwal di sesi pertama setelah berdoa langsung menuju ke Laboratorium Komputer untuk mengikuti ujian, dan untuk siswa yang mendapat jadwal di sesi kedua harus masuk kelas masing-masing untuk belajar.  (Syah)

Terakhir diperbarui pada Sabtu, 13 April 2019 22:54

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.