Masuk

Menggandeng Biro CV. Permata Al Basith, MA MH Troso Selenggarakan Tour ke Malang untuk Siswa-siswi Kelas XII

Featured Menggandeng Biro CV. Permata Al Basith, MA MH Troso Selenggarakan Tour ke Malang untuk Siswa-siswi Kelas XII

Troso, MAMHTROSO.com – Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso menyelenggarakan tour ke Malang untuk siswa-siswi Kelas XII, Kamis (2/5/2019) kemarin.

Lihat galerinya - klik disini

Tour ini adalah pertama kalinya diselenggarakan oleh madrasah, setelah beberapa tahun kemarin gagal karena terkait dengan siswa dalam penyelenggaraannya. Namun pada tahun ini bekerjasama dengan biro perjalanan CV. Permata Al-Basith, MA Matholi’ul Huda Troso berhasil menyelenggarakan agenda refreshing siswa Kelas XII pasca melakoni serangkaian Ujian Akhir Madrasah.  

Sebanyak 220-an siswa dan guru pendamping mengikuti perjalanan wisata ini mulai Rabu malam hingga Jum’at dini hari. Ada 4 tujuan tour ke Malang ini yaitu Masjid Turen (Ponpes Salafiyah Biharu Bahri Fadlailir Rahmah), Jatim Park 1, Wisata Petik Apel, dan Ziarah ke Makam Gus Dur.

Sebelum pemberangkatan siswa berkumpul di madrasah pada pukul 19.00 WIB. Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala Madrasah Aliyah Matholi'ul Huda Troso memberikan pesan kepada seluruh siswa agar tetap menjaga nilai-nilai kesopanan ketika di tempat-tempat yang dikunjungi. Cara berpakaian yang baik, ucapan yang sopan, tetap menjaga perilaku. “Meskipun madrasah kita di kampung, tetapi jangan kampungan”, tandasnya.

Setelah itu kemudian Kepala Madrasah mengajak seluruh kelas XII untuk berdoa bersama, agar diberikan keselamatan selama perjalanan mulai dari berangkat hingga pulang kembali. Dan pada pukul 08.00 WIB seluruh siswa menaikki bus. Ada sebanyak 5 bus yang ditumpangi, dan setiap bus-nya didampingi oleh 2 – 4 guru pendamping.  

Sampai di Masjid Tiban pada pukul 04.30 WIB, seluruh siswa langsung sholat subuh berjama’ah.  Di masjid ini terlihat bangunan masjid berornamen Timur Tengah dengan warna dominan biru dan putih itu memang berada di tengah-tengah pemukiman yang padat. Masjid itu disebut-sebut sebagai Masjid Tiban yang konon pembangunannya dipercaya dibantu dengan pengerahan jin, akan tetapi sebetulnya masjid ini dibangun para santri.

Butuh sekitar 2 jam dari Masjid Tiban ke Jatim Park 1. Sebelum sampai di lokasi seluruh siswa diajak makan bersama di HC Putra Resto dan juga belanja oleh-oleh. Sampai dilokasi terlihat pintu gerbang Jatim Park 1 yang penuh dan sesak. Disana terdapat lebih dari 40 wahana permainan. Siswa-siswi nampak antusias untuk mencoba wahana-wahana yang ada. Mereka mulai berkeliling menaiki Sky Ride, Sky Swing, Superman Coster, 3D Theater, dll. Sampai pukul 14.00 WIB kemudian Biro CV. Permata Al Basith mengajak siswa-siswi untuk menuju ke tempat berikutnya yaitu Kebun Petik Apel. Tidak lama hanya membutuhkan perjalanan sekitar 10 menit siswa-siswi sampai ditempat transit bus dan langsung diangkut dengan mobil-mobil pengangkut sampai di bukit kebun apel. Di kebun ini siswa bebas memetik dan memakan apel sampai puas. Bagi yang ingin membawa pulang untuk oleh-oleh pengelola kebun menyediakan plastik kantong dan ditimbang dengan harga Rp 25.000/kg.

Pukul 17.00 WIB siswa-siswi melanjutkan perjalanan ke tujuan terakhir yaitu ziarah ke Makam KH. Abdurrahman Wahid atau lebih dikenal dengan Gus Dur di Jombang. Tetapi sebelum sampai di lokasi, siswa-siswi mampir ke Warung Pandansari Khas Malang untuk makan malam.

Sampai di Jombang siswa-siswi langsung menuju ke makam Gus Dur. Ziarah dengan bacaan tahlil dipimpin oleh salah satu guru pendamping, H. Ahmad Harisul Haq, Lc. dan barokah doa dipimpin oleh Ismail, S.Pd.I. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Sabtu, 04 Mei 2019 12:39

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.