Logo
Cetak halaman ini

Pertengahan Bulan Ramadan 1440 H., MA MH Troso Selenggarakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Semester Genap Tahun 2018-2019

Featured Pertengahan Bulan Ramadan 1440 H., MA MH Troso Selenggarakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Semester Genap Tahun 2018-2019

Troso, MAMHTROSO.com – MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara selenggarakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk siswa Kelas X dan XI mulai kemarin, Senin (20/5/2019). PAT atau yang biasanya dikenal dengan istilah Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) ini adalah bentuk evaluasi pembelajaran terakhir yang harus diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan XI sebelum mereka naik ke jenjang kelas berikutnya. Ada sebanyak 351 siswa sebagai peserta PAT dan terbagi menjadi 11 ruang.

PAT kali ini dilaksanakan selama 8 hari dengan mengujikan 16 mapel untuk kelas X dan XI. Untuk Kelas X mengujikan 5 mapel PAI yaitu Qur’an Hadits, Akidah Akhlak, SKI, Fikih, dan Bahasa Arab. Kemudian 5 mapel umum yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Sejarah Indonesia, dan PKn. 3 mapel jurusan untuk IPA yaitu biologi, fisika, kimia dan jurusan IPS yaitu Sosiologi, geografi, ekonomi. Dan terakhir 3 mapel peminatan dan lintas minat untuk jurusan IPA yaitu matematika (peminatan), sosiologi dan geografi (lintas minat). Untuk jurusan IPS yaitu sejarah (peminatan), kimia dan biologi (lintas minat).

Sama halnya dengan Ulangan Akhir Semester Gasal, MA Matholi’ul Huda Troso mengikuti soal-soal yang berasal dari Kelompok Kerja Madrasah Aliyah (KKMA) 01 Jepara. Akan tetapi pada PAT ini KKMA 01 Jepara telah membagikan kisi-kisi soal kepada masing-masing satuan pendidikan. Sehingga dengan kisi-kisi tersebut siswa dapat belajar lebih terarah untuk mempersiapkan diri mengerjakan soal-soal dalam Penilaian Akhir Tahun (PAT).

PAT ini berlangsung tepat pada hari ke-14 puasa bulan Ramadhan 1440 H. Hal ini ternyata sama dengan pelaksanaan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) pada tahun ajaran sebelumnya. Yaitu dilaksanakan bertepatan hari kelima puasa. Meskipun begitu pihak madrasah tetap melaksanakan PAT sesuai dengan jadwal yaitu setiap harinya siswa menghadapi 2 mapel yang diujikan. Pada mapel pertama dimulai pada pukul 08.00 sampai 09.50 WIB dan mapel kedua diujikan mulai pukul 10.20 sampai 11.40 WIB. Setelah itu seluruh siswa mengikuti sholat dzuhur berjama’ah sebelum pulang. Sementara untuk siswa kelas XII tetap masuk seperti biasa untuk mempersiapkan panggung gembira (PG) Tahun 2018.

Disela-sela proses mengerjakan soal PAT, siswa juga diberi kesempatan untuk menyalurkan zakat fitrah. Sebagaimana program OSIS dan madrasah setiap bulan Ramadan selalu menyalurkan zakat fitrah siswa kepada para mustahik atau yang berhak menerimanya. Karena setelah pelaksanaan PAT kali ini langsung masuk pada hari libur akhir bulan Ramadan, sehingga supaya lebih efektif penyaluran zakat fitrah ini dilaksanakan pada saat pelaksanaan PAT. Dan rencananya nanti zakat fitrah ini akan didistribusikan pada tanggal 27 atau 28 Ramadan 1440 H. (Syah)

Hakcipta © 2015 MA Matholi'ul Huda Troso.