Masuk

Apel Pagi – Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Menujulah pada Cita-cita yang Benar yaitu Menjadi Manusia yang Sholih Sholihah

Featured Apel Pagi – Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Menujulah pada Cita-cita yang Benar yaitu Menjadi Manusia yang Sholih Sholihah

Troso, MAMHTROSO.com – Seluruh siswa-siswi MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara pagi ini berkumpul di halaman madrasah untuk mengikuti apel pagi, Rabu (29/5/2019).

Apel ini disampaikan langsung oleh Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso, Drs. H. Nur Kholis Syam’un. Tujuannya adalah untuk memberikan motivasi dan meluruskan niat siswa dalam bersekolah. Selain itu juga memberikan informasi terkait dengan agenda-agenda madrasah menjelang libur hari raya dna akhir tahun pelajaran semester genap tahun pelajaran 2018-2019.  

Beliau langsung mengajak doa bersama dengan tulus dari hati. Yang pertama, untuk madrasah yang ingin berjuang untuk mengembangkan diri dan terus menjadi besar, pembangunan infrastruktur, dengan segala program dan agendanya semoga semakin memberkahi. Kedua, doa untuk orang tua dan para guru, semoga rizkinya dilimpahkan oleh Allah, para guru lebih tenang mendidik siswa-siswinya. Ketiga, seluruh siswa-siswi kelas IX dan XII, semoga ilmunya betul-betul dapat memberkahi, bermanfaat bagi diri, keluarga, dan masyarakat. Berdoa dengan alfatihah 3 kali.

Drs. H. Nur Kholis Syam’un kemudian memberikan pemahaman kepada seluruh siswa terkait dengan tujuan utama hidup. Bahwa seorang muslim sejatinya adalah untuk menjadi manusia yang sholih dan sholihah. Sebagaimana nabi-nabi yang diturunkan oleh Allah misi utamanya adalah pembimbingan umat untuk menyembah Allah, tidak ada yang misinya untuk memperkaya umatnya. Begitupun orang tua ketika mendoakan anaknya pasti agar nantinya menjadi anak yang sholeh dan sholihah. Doa Nabi Ibrahim as.

رَبِّ هَبْ لِي حُكْمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ

““Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang shalih”.

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

“Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh”.

Dari doa tersebut beliau mengingatkan agar siswa memahami konsep hidup seorang muslim yang benar. “Ketika kalian sekolah tidak memiliki cita-cita untuk menjadi sholeh dan sholehah, jika kalian sekolah hanya untuk kesenangan duniawi, maka kamu akan mendapatkan kehampaan dari Tuhan, kamu hanya mendapatkan kesia-sian dari Tuhan”, ungkap beliau. Dengan kesholihan harapannya kelak ketika menjadi pejabat tetapi bejabat yang sholih, ketika menjadi tokoh tetapi tokoh yang sholih, ketika menjadi pemimpin tetapi pemimpin yang sholih, ketika mejadi bos tetapi bos yang sholih, ketika menjadi politisi tetapi politisi yang sholih.

Selanjutnya terkait dengan penyaluran Zakat Fitrah siswa-siswi, pada tahun ini data terakhir untuk madrasah aliyah sudah mencapai 99 % dan untuk madrasah tsanawiyah mencapai 90 %. Kepala Madrasah menegaskan bahwa zakat fitrah ini tidak sedikitpun digunakan untuk pembangunan madrasah apalagi digunakan oleh para guru. Akan tetapi hasil zakat fitrah ini nantinya akan disalurkan kepada yang berhak menerimanya (mustahiq). Jika ada orang yang berkomentar negatif atau malah menganggap bahwa zakat fitrah ini untuk pembangunan madrasah maka siswa-siswi wajib menjelaskannya.

Hari libur akhir Ramadhan dimulai pada besok pagi, Kamis (30/5/2019) selama 2 minggu yaitu sampai Kamis (13/6/2019). Dan masuk kembali pada hari Sabtu (15/6/2019). Untuk siswa Kelas XI nanti setelah masuk diagendakan melakoni Class Meeting. Sementara Kelas XII masih berjuang untuk mempersiapkan panggung gembira sebagai tugas akhir dan kenang-kenangan sebelum lulus.

Pada saat Hari Raya Idhul Fitri Kepala Madrasah mengharuskan seluruh siswa-siswi untuk berkunjung ke rumah para guru dengan tata cara pakaian yang baik. Beliau juga berpesan agar ketika libur panjang siswa-siswi tetap menjaga etikanya di lingkungan masyarakat. Karena kadang ketika libur panjang ada kasus-kasus terjadi, baik pelanggaran moral atau bahkan kriminal. Libur sekolah dinikmati dengan hal-hal yang baik dan tetap sesuai jalur-jalur yang sholih sholihah. (Syah)

Kaffarotul majlis :

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ ، أشْهَدُ أنْ لا إلهَ إِلاَّ أنْتَ ، أسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إلَيْكَ

Terakhir diperbarui pada Minggu, 02 Juni 2019 22:39

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.