Logo
Cetak halaman ini

Sebanyak 600 Lebih Bungkus Beras Zakat Fitrah Disalurkan Siswa MA MH Troso Kepada Yang Berhak

Featured Sebanyak 600 Lebih Bungkus Beras Zakat Fitrah Disalurkan Siswa MA MH Troso Kepada Yang Berhak

Troso, MAMHTROSO.com – Panitia Penyaluran Zakat Fitrah dari Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MA Matholi’ul Huda Troso Pecangan Jepara Periode 2019-2020 salurkan total 600-an lebih bungkus beras kepada mustahik kemarin, Sabtu (2/6/2019).

Lihat galeri kegiatannya - klik disini

Setiap tahunnya penyaluran zakat fitrah ini memang selalu diprogramkan baik dari OSIS maupun dari madrasah. Seluruh siswa baik MA Matholi’ul Huda Troso dihimbau untuk menyalurkan zakat fitrahnya melalui amil zakat di madrasah.

Penggalangan zakat fitrah ini hanya berjalan kurang lebih 1 minggu ketika siswa melakoni Penilaian Akhir Tahun (PAT) kemarin. Panitia dengan dibantu oleh para guru masuk ke ruang-ruang ulangan untuk menerima zakat dari siswa. Dari total 555 orang siswa, hanya 4 orang siswa saja yang tidak menyalurkan zakat fitrahnya melalui Panitia MA MH Troso. Sehingga prosentase siswa yang menyalurkan zakat melalui madrasah pada tahun ini mencapai 99 %. Prosentase ini adalah pencapaian tertinggi sejak tahun-tahun sebelumnya.

Siswa dapat menyalurkan zakat fitrahnya dalam bentuk beras sebanyak 2,5 kg atau uang sejumlah Rp 28.000,-. Akan tetapi banyak juga siswa yang membayar zakat fitrahnya sejumlah Rp 30.000,-. Dari uang tersebut akan dibelikan beras oleh panitia kemudian disalurkan kepada orang-orang yang berhak menerimanya.

Sebelum proses pendistribusian zakat fitrah, panitia dan Waka. Kesiswaan Karwadi, S.Ag. membelanjakan beras kepada para penjual beras di sekitar. Tentu beras dipilih adalah beras yang baik dan layak untuk digunakan zakat. “Dari 551 siswa yang menyalurkan zakat fitrah, ada sekitar 200-an siswa yang menyalurkan zakat fitrahnya langsung dalam bentuk beras. Akan tetapi selebihnya membayar zakat fitrahnya dalam bentuk uang, yang totalnya 10 juta lebih”, Ungkap Waka. Kesiswaan Karwadi, S.Ag. di madrasah usai penyaluran zakat fitrah.

Pihak panitia mendata orang-orang yang berhak menerima zakat (mustahik) dari lingkungan sekitar siswa, atau kepada ketua RT, RW, dan tokoh masyarakat yang ada di beberapa desa. Setelah mendapatkan data tersebut maka pada saat hari pendistribusian masing-masing RT tersebut diberikan beras sejumlah yang ada di data. Meskipun memang sebagian besar disalurkan di Desa Troso tetapi beberapa desa di sekitar Desa Troso juga menjadi target sasaran penyaluran, seperti Desa Ngeling, Sowan Lor, Dongos, Pecangaan, Rengging, Karangrandu dan Lebuawu. Dan beberapa yayasan panti asuhan juga menjadi tempat penyalur zakat fitrah ini, diantaranya adalah Panti Asuhan Darul Aitam Al Ma’un di Desa Sowan Lor dan Panti Asuhan Nurul Huda di Desa Karangrandu. (Syah)

Hakcipta © 2015 MA Matholi'ul Huda Troso.