Masuk

Mengawali Tahun Pelajaran Baru 2019-2020, MTs. dan MA MH Troso Selenggarakan Sholat Dhuha, Sujud Syukur, Istighasah, Tahlil, dan Jalan Sehat

Featured Mengawali Tahun Pelajaran Baru 2019-2020, MTs. dan MA MH Troso Selenggarakan Sholat Dhuha, Sujud Syukur, Istighasah, Tahlil, dan Jalan Sehat

Troso, MAMHTROSO.com – Memulai awal tahun pelajaran baru 2019-2020 MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso menyelenggarakan sholat dhuha berjama’ah, sujud syukur, selamatan bancaan, dan jalan sehat kemarin, Selasa (16/7/2019). Acara ini digelar setiap awal tahun pelajaran sebagai ungkapan syukur kepada Allah SWT. supaya diberikan kemajuan dan keberkahan madrasah.

Lihat galeri kegiatannya - klik tautan berikut. 

lihat video kegiatannya - klik tautan berikut.

Acara sujud syukur ini diikuti oleh setidaknya 1.200-an orang siswa dan guru di halaman Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso. Selain itu, tampak hadir pula sejumlah sesepuh dan pengurus YPI Matholi’ul Huda Troso.

Rangkaian acara sujud syukur sendiri dimulai sekitar pukul 07.00 WIB. Seluruh jamaah terlihat memadati halaman madrasah. Beberapa jamaah juga tampak membuat saf di teras-teras kelas. Seluruh jamaah laki-laki tampak berpakaian rapi dan bersarung, sementara jamaah perempuan yang berbaris di saf belakang terlihat memakai mukena.

Kegiatan ini seperti biasa diawali dengan sholat Dhuha berjamaah sebanyak 4 rakaat. Bertidak sebagai imam sholat adalah Waka. Humas MA Matholi’ul Huda Troso, H. Mustofa Kamal. Seusai sholat, acara dilanjutkan dengan sujud syukur berjamaah dengan imam yang sama. Sebelum dua acara dimulai, beliau sempat menjelaskan tata cara pelaksanaan sholat Dhuha dan sujud syukur yang benar.

Seusai sujud syukur, acara dilanjutkan dengan panyampaian sambutan Wakil Ketua Yayasan Pendidikan Islam Matholi’ul Huda Troso oleh Mbah Moh. Syakur. Beliau menyampaikan rasa syukurnya kepada Allah SWT. dan juga mendoakan agar seluruh siswa yang belajar di naungan Yayasan Pendidikan Islam Matholi’ul Huda Troso menjadi anak-anak yang berbakti pada orang tua, taat pada agama, berguna untuk bangsa dan negara.

Istighasah dipimpin oleh Ustadz Ismail, S.Pd.I. kemudian dilanjutkan tahlil dipimpin oleh Drs. H. Sobari, terakhir barokah doa dipimpin oleh KH. Ali Ahsan. Tradisi selamatan bancaan kepungan juga turut dilaksanakan di halaman Madrasah Tsanawiyah. Siswa-siswi pada hari sebelumnya berembuk untuk mempersiapkan nasi dan lauknya. Ada yang membawa nasi, ada yang membawa kering tempe, ada yang membawa air minumnya, dll. Tradisi bancaan kepungan ini dibuat dengan sederhana tetapi nampak banyak sekali manfaatnya. Makan di satu wadah dengan bersama-sama ini nampak sekali kebersamaan siswa, saling menghargai, dan tentu saja perut yang kenyang. 

Rangkaian acara terakhir adalah jalan sehat mengelilingi lingkungan madrasah, diikuti oleh seluruh siswa dan guru. Dengan rute dari madrasah menuju ke jalan raya, ke arah timur sampai di tenun lestari indah, belok ke utara arah dukuh kedawung sampai di gang selatan SD 05 (Inpres) Troso, dan kembali lagi ke madrasah. Jalan sehat ini bertujuan untuk merefresh kembali otak siswa setelah libur panjang, juga untuk mendoakan agar lingkungan madrasah yang lebih kondusif dan aman untuk proses belajar mengajar kedepannya. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Kamis, 25 Juli 2019 07:04

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.