Masuk

Intrakurikuler Pramuka – Latihan Bentuk-Bentuk Barisan di Awal Tahun Pelajaran 2019/2020

Featured Intrakurikuler Pramuka – Latihan Bentuk-Bentuk Barisan di Awal Tahun Pelajaran 2019/2020

Troso, MAMHTROSO.com - Sedikitnya sebanyak 550 anggota pramuka penegak Gugus Depan MA Matholi’ul Huda Troso kembali mengikuti latihan kepramukaan, Selasa siang ini (23/9). Ada beragam materi yang mereka pelajari pada latihan kali ini, salah satunya adalah bentuk-bentuk barisan dan beberapa permainan.

Latihan dimulai saat memasuki jam pelajaran ke-7 atau sekitar pukul 12.30 WIB setelah diadakannya sholat dzuhur berjama’ah. Latihan diawali dengan kegiatan apel yang dilaksanakan di halaman dan sekitar kampus madrasah. Apel dilaksanakan oleh beberapa kelompok dan dipimpin oleh seorang guru pendamping di setiap kelompoknya.

Seusai kegiatan apel, latihan inti dimulai. Anggota Dewan Ambalan yang sebelumnya telah diberi tugas mendampingi setiap kelompok langsung mengambil alih jalannya latihan. Dewan Ambalan mula-mula menjelaskan beberapa bentuk-bentuk barisan beserta isyarat tangan yang harus diperagakan. Kemudian, Dewan Ambalan memberi kesempatan kepada para anggota sangga untuk mempraktikkan teknik yang telah diajarkan sebelumnya. Pada tahap ini, guru pendamping berperan melakukan pengawasan dan memberi penilaian.

Materi pertama di tahun pelajaran 2019/2020 ini berkaitan dengan bentuk-bentuk barisan. Tujuannya tentu untuk memberikan bekal kepada siswa-siswi anggota pramuka MA Matholi’ul Huda Troso agar memahami jenis-jenis barisan. Ada barisan bersaf, barisan berbanjar, barisan bentuk lingkaran, angkare, setengah lingkaran, barisan lomba, selat, anak panah, dll.

Seluruh aktivitas latihan pramuka kali ini selesai sekitar pukul 13.50 WIB. Siswa kemudian masuk kembali ke ruangan masing-masing untuk mengadakan absensi oleh guru pembimbing. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Rabu, 31 Juli 2019 08:15

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.