Masuk

Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) Tahun 2019 Siswa Baru MA MH Troso “Matros : Scouting is Fun”

Featured Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) Tahun 2019 Siswa Baru MA MH Troso “Matros : Scouting is Fun”

Troso, MAMHTROSO.com – Ambalan Setiabudi – Fatmawati Gugus Depan 09.115-09.116 selenggarakan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) Tahun 2019, Jum’at pagi tadi (2/8/2019).

Lihat galeri kegiatannya - klik disini

Penerimaan Tamu Ambalan ini adalah sebagai salah satu agenda wajib yang harus diikuti oleh seluruh siswa-siswi Kelas X atau siswa baru pindahan di Kelas XI dan XII. Kegiatan ini berorientasi pada gerakan kepramukaan yang ada di MA Matholi’ul Huda Troso. Selain itu juga untuk mempersiapkan siswa-siswi baru agar memiliki bekal dan pengetahuan tentang Ambalan dan siap mengikuti kegiatan-kegiatan yang sudah diagendakan oleh madrasah dan Dewan Ambalan.

Diikuti oleh sebanyak 196 siswa Kelas X, 3 siswa XI, dan 1 siswa Kelas XII. Dengan melibatkan sekitar 35 panitia dari Dewan Ambalan. Acara dimulai pada pukul 06.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB bertempat di MA Matholi’ul Huda Troso dan lingkungan sekitar madrasah.

PTA Tahun 2019 yang mengangkat tema “Matros : Scouting Is Fun”. Mustain, S.Sos.I. sebagai pembina upacara dalam amanatnya mengungkapkan bahwa kepramukaan di MA Matholi’ul Huda Troso ingin memberikan wadah bagi siswa-siswi untuk bersenang-senang, akan tetapi tetap mengandung nilai-nilai pendidikan (edukatif). Maka dalam acara tersebut Panitia mendesain kegiatan-kegiatan sesuai dengan tema yang diangkat.

Ada 2 jenis kegiatan yang dilaksanakan, yaitu giat umum dan giat lomba. Semua giat umum dilaksanakan di madrasah. Mulai dari Upacara Pembukaan, Senam Pramuka, Pengetahuan Sejarah Ambalan Setia Budi dan Fatmawati, Arti Bedge Ambalan Setia Budi dan Fatmawati, dan Sing a Song. Sedangkan untuk giat lomba dilaksanakan di sesi perjalanan mengikuti racing sampai di lapangan datuk ampel Troso. Kegiatannya mulai dari lomba semboyan (semaphore, morse dan sandi), giat lomba pengetahuan sejarah dan arti badge ambalan, sampai permainan balap ban.

Kembali ke madrasah pada pukul 13.00 WIB usai seluruh peserta makan siang bersama. Sampai di madrasah kegiatan outbound langsung diadakan. Ada 2 jenis outbond yang dimainkan pada kegiatan kali ini yaitu estafet balon dan jaga lilin. Keseruan terjadi di kedua outbond ini, meskipun terkesan sederhana dan mudah akan tetapi seluruh peserta sangat tertarik. Tujuannya tentu selain untuk memberikan media refresing para peserta, juga agar antar siswa saling mengenal, dapat menjalin kerjasama dan kebersamaan yang baik.

Upacara penutupan dilaksanakan pada pukul 15.30 WIB dilanjutkan pengumuman sangga tergiat atau sangga terbaik pada giat lomba yang diadakan oleh panitia. Terakhir diadakan salam-salaman antara peserta dengan panitia Penerimaan Tamu Ambalan. (Syah)

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.